get app
inews
Aa Read Next : Mendapat Rekom dari Partai Nasdem, Rizky Mahodenk Siap Bertarung di Pilkada Lamandau

Debit Air Naik Waspada Serangan Buaya, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Sungai

Kamis, 02 Mei 2024 | 05:37 WIB
header img
Tampak buaya yang berhasil diamankan dari Desa Terantang usai menyerang seorang kakek./FOTO:dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Debit air di daerah aliran sungai (DAS) besar seperti DAS Lamandau dan Arut alami kenaikan beberapa hari terakhir ini, bahkan sejumlah halaman rumah warga sekitar DAS pun mulai tergenang. Sehingga, ancaman kemunculan dan serang reptil wajib di waspadai oleh warga.

Kepala SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng Dendi Sutiadi mengatakan, munculnya buaya muara yang menyerang warga Desa Tanjung Terantang, Kecamatan Arut Selatan, saat mengambil air wudu kemarin, harus diwaspadai.

"Masyarakat kita imbau baik melalui pemerintah desa maupun ke masyarakat langsung. Untuk mengurangi aktivitas di sungai saat air pasang seperti saat ini," kata Dendi, Kamis 2 Mei 2024.

Selama satu tahun terkahir ini telah melakukan mitigasi, baik langsung memberikan imbauan maupun pemasangan banner, supaya warga yang mengurangi aktivitas di sungai.

Dendi menjelaskan, adapun beberapa faktor penyebab kemunculan buaya di areal pemukiman warga Desa Tanjung Terantang ini, dikarenakan curah hujan saat ini cukup tinggi, sehingga DAS besar di Kotawaringin Barat baik DAS Arut maupun DAS Lamandau itu airnya meningkat sehingga masuk ke pemukiman.

"Pada saat ari naik dan masuk pemukiman, ada kemungkinan buaya keluar dari habitatnya karena Desa Terantang masuk Buffer Zone DAS Lamandau.“

Faktor lainnha juga, karena sebagian besar kawasan hutan sudah alih fungsi menjadi perkebunan. Sehingga ada pergesekan habitat buaya dengan masyarakat itu sendiri.

Lebih lanjut ia juga meminta kepada masyarakat, untuk tidak membubuh reptil. Apabila bertemu heran seperti buaya, supaya dilaporkan ke petugas dan selanjutnya akan ditindaklanjuti. 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut