Survei Terbaru Pilkada Lamandau, Hendra Lesmana Ungguli Semua Calon

iNews.id
Hasil survei terbaru untuk Pilkada Lamandau menunjukkan bahwa Bakal Calon Bupati (Bacabup) Hendra Lesmana unggul jauh dari para bakal calon lainnya./FOTO: dok

 

 

LAMANDAU, iNewsKobar.id  - Sejumlah lembaga riset melakukan survei untuk Pilkada di seluruh indonesia, termasuk di Kabupaten Lamandau Kalteng. Hasil survei terbaru untuk Pilkada Lamandau menunjukkan bahwa Bakal Calon Bupati (Bacabup) Hendra Lesmana unggul jauh dari para bakal calon lainnya.

Hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, nama Hendra Lesmana berada di posisi paling puncak dari dua simulasi yang dilakukan yakni simulasi jika Pilkada Lamandau diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon) dan simulasi dua paslon atau head to head.

Jika Pilkada Lamandau diikuti tiga paslon yakni Hendra Lesmana vs Rizky Aditya Putra vs Lilis Suriani, Hendra Lesmana memeroleh persentase pemilih tertinggi yakni sebesar 33,8%. Adapun Rizky Aditya Putra memeroleh 15,5% dan Lilis Suryani di angka 2%. 

“Untuk hasil simulasi dua paslon atau jika Pilkada Lamandau terjadi 'head to head' antara Hendra Lesmana versus Rizky Aditya Putra, Hendra Lesmana berada diangka 34,5% dan Rizky Aditya Putra15,8%,” ungkap Direktur LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, saat dikonfirmasi Jumat 23 Agustus 2024.

Adapun sisanya adalah responden yeng termasuk kategori Tidak Memilih (TM), Tidak Jawab (TJ), Belum Memilih (BM) dan responden yang merahasiakan jawabannya.

Adjie Alfaraby juga mengatakan angka tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan LSI Denny JA pada 4-8 Agustus 2024 dengan menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 440 responden yang tersebar di Kabupaten Lamandau, dengan asumsi Pilkada dilaksanakan hari itu.

“Untuk pilkada tingkat kabupaten dan kota seluruh indonesia kita gunakan metode sampling yang sama, jumlah responden yang sama dan dengan tingkat margin of error diangka 4,8 persen,” jelasnya.

Berdasarkan hasil survei, ada empat hal yang menjadi faktor tingginya keterpilihan Hendra Lesmana dibanding bakal calon lainnya. Pertama, kata Adji Alfaraby, tingkat kepuasan atas kinerja saat Hendra Lesmana menjadi Bupati Lamandau pada periode 2018-2023. Dari kepuasan tersebut memicu masyarakat kembali menginginkannya menjadi kepala daerah. 

“Masyarakat juga menilai Hendra Lesmana sebagai calon yang berpengalaman. Penilaian ini tentu tidak terlepas dari ia merupakan calon petahana, sehingga ia dinilai lebih mampu mengatasi persoalan daerah dibading calon lainnya” kata dia.

Faktor ketiga adalah 'personality' atau kepribadian. Faktor ini, kata Adjie, biasanya erat kaitannya dengan karakter atau gaya kepemimpinan. 

“Misalnya, mudah bergaul hingga dekat dengan masyarakat, tidak berjarak, masyarakat dapat dengan mudah berkomunikasi untuk menyampaikan aspirasi, keluhan bahkan kritik dan sejenisnya,” jelasnya.

Faktor terakhir, lanjut dia, Hendra Lesmana dianggap lebih mampu dalam menyelesaikan masalah yang ada di Kabupaten Lamandau, “persepsi kemampuan inilah yang menjadikanya cukup kuat dan mendapat skor lebih tinggi dalam survei,” imbuhnya.

Sementara itu, Lembaga Survei Indonesia (LSI) pimpinan Saiful Mujani yang merupakan lembaga riset opini publik terkait kontestasi politik serta kebijakan publik, merilis hasil survei yang dilakukan pada akhir Mei 2024 lalu. Survei LSI dilakukan untuk memotret tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Hendra Lesmana saat memjabat Bupati Lamandau periode 2018-2023.

Hasilnya, masyarakat yang menjawab Sangat Puas 14.8%, Cukup Puas 75.3%, Kurang Puas 7.2%, Tidak Puas 0,3 dan masyarakat yang merespon dengan Tidak Tahu atau Tidak Jawab diangka 2,3%.

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network