E-Materai Bermasalah, Pelamar CPNS di Kobar Gagal Melamar

Sigit Dzakwan Pamungkas
E-Materai Bermasalah, Pelamar CPNS di Kobar Gagal Melamar./FOTO: ilustrasi

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Beberapa hari in masyarakat Indonesia mengeluhkan sulitnya mengakses website pembubuhan e-Materai bagi pelamar Calon Pegawai Sipil (CPNS) 2024. Tak terkecuali masyarakat Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng kuga terkena dampak e-materai bermasalah.

Pendaftaran CPNS telah dibuka sejak 20Agustus-3 September 2024. Namun hingga saat ini masih banyak pelamar yang belum menyelesaikan pendaftaran karena kesulitan dalam membeli dan membubuhkan e-Materai.

Pelamar CPNS asal Kobar, Ana mengeluhkan kesulitan mengakses website resmi pembubuhan E-Materai sejak 3 September 2024 lalu.
 

"Mau membubuhkan e-materai di website keterangan yang muncul tidak dapat melakukan pembubuhan padahal stok meterai sudah beli sejak lama. Jadi, akhirnya sampai sekarang belum bisa upload tiga berkas yg mensyaratkan meterai," keluhnya, Jumat 6 September 2024.

Ia mengatakan, sudah membeli e- Materai sebanyak 3 materai dengan total Rp30.000 untuk membubuhi surat keterangan yang diminta dalam persyaratan administrasi.

la pun mencoba ke berbagai website yang bermitra dengan Peruri Digital. Namun, langkah tersebut tak kunjung berhasil sebab website tidak bisa diakses.

"Saya juga ngecek website sampai tengah malam tetap tidak bisa diakses, sudah banyak nyoba website lain semuanya tidak bisa, sekitar enam lebih website yang saya masukin.”

Begitu pula dengan pelamar dari Pangkalan Bun, Ute. Sejak 3 September sampai sekarang dirinya sudah mendatangi Kantor Po Indonesia Kabupaten Kobar untuk membubuhi e- Materai.

"Sudah saya tanya dari kemarin masih website masih down, saya bolak balik tapi masih tidak bisa, server masih eror, saya udah beli 5 keping e-Materai habis Rp60 ribu, pas mau bubuhin server eror, saya sampai nungquin tengah malam buat nunggu pembubuhan,” ungkapnya.

 

 

 

 

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network