Diterjang Banjir, Jalan AntarDesa di Lamandau Terputus, Warga Terisolir Butuh Bantuan

Sigit Dzakwan Pamungkas
Tampak jalan yang putus di Bukit Mersawa, antara Desa Benuatan ke Desa Kahingai, Kabupaten Lamandau./Foto: dik

 

 

 

LAMANDAU, iNewsKobar.id - Banjir yang menerjang daerah hulu Kabupaten Lamandau, Kalteng pada Rabu 11 September 2024 lalu ternyata membuat sejumlah desa di Kecamatan Belantikan Raya juga ikut terdampak. 

Bahkan banjir juga membuat badan jalan terputus total. “Banjir disebabkan karena luapan sungai belantikan dan banjir akibat  genangan,” ungkap kepala pelaksana BPBD Lamandau Hendikel. 

Kondisi blank spot dan lokasi yang jauh serta jalan rusak membuat laporan terlambat sampai ke kabupaten. Namun saat ini banjir tersebut sudah surut dan jalan yang rusak telah ditangani oleh pemerintah kecamatan yang bekerjasama dengan perusahaan di sekitar. 

Desa yang terdampak banjir di Kecamatan Belantikan Raya diantaranya adalah Desa Belibi, Desa Nanga,  Desa Sungai Buluh, Desa Tangga Batu, dan Desa Bayat. Selain itu juga yang baru masuk laporan adalah Desa Sekoban Kecamatan Lamandau.

“Ada puluhan KK yang terdampak, namun yang paling terdampak adalah jalan penghubung antardesa yang tenggelam dari kedalaman 60 cm hingga 1,5 meter sehingga akses menuju desa terputus,” bebernya. 

“BPBD melalui TRC-PB sudah turun ke lokasi kejadian, memantau dan mendata korban terdampak. Namun data belum lengkap karena jalan tidak bisa dilewati akibat tergenang banjir,” ungkapnya. 

Terpisah, Camat Belantikan Raya membenarkan bahwa sebagian besar desa-desa di wilayahnya sempat terdampak banjir. Selain itu juga ada dua titik jalan yang rusak akibat longsor, dan salah satunya putus total. 

“Jalan yang putus di Bukit Mersawa, antara Desa Benuatan ke Desa Kahingai. Tapi sekarang sudah bisa dilalui karena langsung diperbaiki oleh perusahaan,” jelasnya. 

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network