Waket DPRD Kobar Apresiasi Sebuai Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Nasional

Sigit Dzakwan Pamungkas
Wakil Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Barat, Arief Asrofi./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id -  Desa Sebuai di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah berhasil masuk ke dalam nominasi tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Nasional 2024.

Prestasi in menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah daerah Kotawaringin Barat. Hal ini membuktikan bahwa desa-desa di Kobar mampu bersaing di tingkat nasional.

Hal ini diumumkan secara resmi melalui surat dari Kementerian Dalam Neger Republik Indonesia dengan nomor 100.3.3.9/4662/BPD yang dirilis pada  12 September 2024.

Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat untuk mendorong percepatan pembangunan di tingkat desa dan kelurahan di seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Arif Asrofi mengapresiasi atas pencapaian yang diraih oleh Desa Sebuai. Menurutnya, keberhasilan ini tidak terlepas dari kreativitas dan kerja keras dari seluruh perangkat desa, mulai dari kepala desa hingga seluruh masyarakat yang terlibat aktif dalam pembangunan desa.

"Lomba Desa dan Kelurahan Nasional ini merupakan prestasi luar biasa yang mencerminkan dedikasi Kepala Desa Sebuai dan jajarannya dalam memajukan desa mereka. Keberhasilan ini tak hanya soal pengelolaan dana, tetapi juga soal pemahaman yang mendalam mengenai apa yang menjadi kriteria penilaian," ujar Arif.

Ia menjelaskan, ada beberapa kriteria utama yang menjadi dasar penilaian dalam lomba ini. Pertama, pengelolaan administrasi dan manajemen desa yang harus tertata dengan baik. Desa Sebuai dinilai memiliki administrasi yang rapi dan efisien.

Hal ini mampu memenuhi ekspektasi tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri. Kedua, peran serta masyarakat dalam mewujudkan desa sehat.

Di Desa Sebuai, kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, dan layak huni menjadi salah satu nilai tambah yang membuat desa ini unggul dibanding desa lainnya. 

Ketiga, kreativitas dalam penataan infrastruktur desa. Desa Sebuai telah berhasil memaksimalkan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur, sehingga memberikan dampak positif terhadap kualitas hidup masyarakat.

"Desa Sebuai telah menunjukkan bahwa dengan pengelolaan yang tepat dan dukungan masyarakat yang kuat, kita bisa mencetak prestasi di level nasional. Desa lain bisa belajar dari Desa Sebuai bagaimana memanfaatkan potensi yang ada dan memaksimalkan dana desa untuk kepentingan masyarakat secara luas.”

Ke depan, DPRD Kotawaringin Barat berharap agar prestasi in dapat menginspirasi desa-desa lain untuk mengikuti jejak Desa Sebuai dalam mengoptimalkan potensi desa masing-masing.

"Kami di DPRD akan terus mendorong pemerintah daerah untuk memberikan dukungan maksimal bagi desa-desa yang ingin berinovasi dan berkembang. Desa Sebuai adalah contoh bahwa dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang tepat, setiap desa memiliki peluang untuk mencetak prestasi serupa.”

 

 

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network