Jelang Debat Publik Pilkada Kobar, KPU Minta Masyarakat Ikut Berpartisipasi Aktiv

Sigit Dzakwan Pamungkas
Jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat mengajak masyarakat untuk berperan aktiv./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id  - Jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Ketua KPU Kotawaringin Barat, Chaidir, mengumumkan, warga dapat mengajukan usulan pertanyaan yang nantinya akan digunakan dalam Debat Publik pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Debat publik pertama dijadwalkan berlangsung pada 5 November 2024, dan KPU berharap masyarakat dapat memberikan kontribusi dengan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.

"Partisipasi masyarakat dalam debat in sangat penting, karena akan memperkaya materi yang dibahas dan mencerminkan isu-isu yang benar-benar dirasakan oleh warga Kotawaringin Barat," ujar Chaidir, Sabtu 12 Oktober 2014.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Pertanyaan:

1. Relevansi dengan Tema Debat: Pertanyaan yang diajukan harus sesuai dengan tema debat yang akan diumumkan mendekati hari pelaksanaan.

2. Bentuk Narasi: Pertanyaan disusun dalam bentuk narasi yang jelas dan langsung pada pokok masalah.

3. Batas Waktu Pengajuan: Pertanyaan harus disampaikan paling lambat pada 31 Oktober 2024.

4. Cara Pengiriman: Pertanyaan dapat dikirimkan melalui email ktekmaskobar@gmail.comatau melalui WhatsApp ke nomor 0822-5673-1515 (atas nama Hikmatuz Zioda Elmarnisy)

5. Identitas Diri: Setiap pengajuan harus disertai dengan identitas diri yang sah, seperti KTP elektronik atau tanda pengenal lainnya.

6. Kerahasiaan Identitas: KPU menjamin kerahasiaan identitas setiap pengirim pertanyaan. Usulan pertanyaan yang masuk akan diseleksi oleh Tim Penyusun Materi untuk memastikan kelayakan dan relevansinya.

Dengan mengajak masyarakat mengajukan pertanyaan, KPU ingin memastikan bahwa debat publik tidak hanya menjadi ajang formalitas, tetapi benar-benar mencerminkan harapan dan kebutuhan warga Kotawaringin Barat

Chaidir menambahkan, ini kesempatan bagi kita semua untuk turut berperan dalam memilih pemimpin yang tepat, dan kami berharap masyarakat tidak melewatkan kesempatan ini. 

“KPU juga berkomitmen untuk menjaga proses seleksi pertanyaan secara transparan dan akuntabel, sehingga debat publik dapat berlangsung secara objektif dan berfokus pada isu-isu utama yang dihadapi oleh daerah. Mari berpartisipasi dalam debat publik dan wujudkan demokrasi vang sehat serta adil di Kotawaringin Barat.”

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network