209.062 Lembar Surat Suara Pilkada Kobar Tiba di Kantor KPU

Sigit Dzakwan Pamungkas
Ketua KPU Kobar, Chaidir./FOTO: dok

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Ratusan ribu surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng telah sampai di kantor KPU Kibar pada Minggu 20 Oktober 2024 sekira pukul 01.30 WIB.

Ketua KPU Kobar, Chaidir menyampaikan, surat suara diterima dalam kondisi aman, lengkap, dan sesuai dengan jumlah yang telah direncanakan.

"Dini hari tadi, pukul 01.30 WIB, kami menerima surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat. Surat suara ini dikirim dalam 105 dus dengan total jumlah surat suara sebanyak 207.062 lembar. Selain itu, kami juga menerima tambahan 2.000 lembar surat suara cadangan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU), sehingga total keseluruhan surat suara yang kami terima adalah 209.062 lembar," jelas Chaidir saat memberikan keterangan pers di Pangkalan Bun.

Surat suara tersebut diangkut menggunakan mobil box yang membawa surat suara tidak hanya untuk Kabupaten Kotawaringin Barat, tetapi juga untuk dua kabupaten lain di sekitarnya, yakni Lamandau dan Sukamara. 

Proses pengiriman ini dilakukan dengan ekstra hati-hati dan melibatkan beberapa tahapan, termasuk pengiriman melalui jalur laut. “Alhamdulillah, proses distribusi surat suara dari pabrik ke Kotawaringin Barat berjalan lancar tapa hambatan apa pun. Surat suara ini melewati perjalanan laut dan tiba di pelabuhan.”

Chaidir menjelaskan,KPU telah menyiapkan 40 relawan yang akan terlibat dalam proses sortir dan lipat ini. “Kami akan segera memulai proses sortir dan pelipatan surat suara dengan melibatkan 40 relawan. InsyaAllah, target kami adalah menyelesaikan semua proses ini dalam waktu 4 hingga 5 hari ke depan.“

Proses sortir dan lipat ini menjadi tahap krusial untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kerusakan pada surat suara sebelum didistribusikan ke TPS. Selain itu, KPU juga menekankan pentingnya menjaga kerahasiaan dan integritas surat suara selama seluruh proses berlangsung. Relawan yang terlibat telah melalui tahapan seleksi dan pelatihan singkat untuk memastikan bahwa proses ini dilakukan dengan teliti dan efisien.

Selain surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, KPU Kobar juga mash menunggu kedatangan surat suara untuk Pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah. Surat suara ini dicetak oleh KPU Provinsi Kalimantan Tengah dan dijadwalkan akan tiba di Pelabuhan, Banjarmasin pada 24 Oktober mendatang.

"Kami juga sedang menunggu surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, yang saat ini sedang dalam proses distribusi oleh KPU Provinsi. Menurut informasi terakhir yang kami terima, surat suara ini akan tiba di Banjarmasin pada 24 Oktober. Kami sudah siap untuk menjemput surat suara tersebut, dan sat ini sedang berkoordinasi dengan pihak KPU Provinsi untuk menentukan mekanisme pengambilan yang paling efektif," pungkasnya.

 

 

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network