Pelaku Usaha di Kobar Harus Didorong untuk Maju dan Berkembang

Sigit Dzakwan Pamungkas
Pj Bupati Kotawaringin Barat, Budi Santosa./FOTO: dok

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus menunjukkan perkembangan yang pesat. Untuk itu perlu didorong supaya lebih maju dan berkembang.

Pj Bupati Kotawaringin Barat, Budi Santosa, memiliki visi yang lebih besar untuk UMKM di wilayah ini, yaitu menciptakan pertumbuhan yang merata agar semua pelaku UMKM, dari berbagai sektor, dapat berkembang bersama.

"UMKM adalah tulang punggung perekonomian daerah. Namun, kita harus pastikan bahwa semua pelaku usaha, dari skala kecil hingga menengah, mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang," ujar Budi, belum lama ini.

Ia menyoroti adanya ketimpangan antara pelaku UMKM di perkotaan dan di pedesaan. Banyak pelaku usaha di pedesaan yang belum sepenuhnya terfasilitasi dengan baik, baik dari segi permodalan, pemasaran, hingga pelatihan keterampilan. Untuk itu, Budi ingin mengubah paradigma pengembangan UMKM yang selama ini hanya fokus di pusat kota.

"Jangan hanya pelaku UMKM di kota yang mendapatkan manfaat. Kita harus meratakan kebijakan ini ke semua wilayah, terutama di desa-desa yang selama ini mungkin kurang tersentuh oleh program pemerintah.”

Dia menginginkan kebijakan yang lebih menyeluruh, mulai dari pemberian akses modal yang lebih mudah, pelatihan yang berkelanjutan, hingga membuka peluang pasar yang lebih luas untuk produk-produk UMKM lokal. 

"Dengan adanya dukungan dari sektor swasta, kita berharap UMKM di Kobar bisa lebih kuat, terutama dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat di era globalisasi ini.”

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network