Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia, Dinkes Kobar Gelar Senam Jasmani di Desa KKB

Sigit Dzakwan Pamungkas
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Pemerintah Desa Kumpai Batu Bawah (KBB) melaksanakan kegiatan Gerakan Kebugaran Jasmani Lansia di Desa KBB, kemarin./FOTO: dok

 

 

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNesKobar.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Pemerintah Desa Kumpai Batu Bawah (KBB) melaksanakan kegiatan Gerakan Kebugaran Jasmani Lansia di Desa KBB, kemarin.

 Dalam kegiatan ini juga diikuti tenaga kesehatan dari Puskesmas Kumpai Batu Atas (KBA) dan dihadiri oleh kelompok Lansia usia 60 tahun ke atas, keluarga lansia, serta komunitas desa yang ada di desa KBB.

Tujuan dari kegiatan ini ialah utuk meningkatkan kualitas hidup lansia dengan menjaga kebugaran fisik, kesehatan mental, dan kesejahteraan secara keseluruhan melalui aktifitas fisik yang teratur. Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan ini meningkatkan kekuatan otot, fleksibelitas otot, dan daya tahan fisik pada lansia serta untuk mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes melalui Analis Promosi Kesehatan Bidang Kesmas Agus Supriyono menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian lansia terhadap kebugaran jasmani. 

Adapun rangkaian kegiatan pada hari ini yakni senam lansia, jalan 6 menit, pemeriksaan kesehatan rutin, edukasi gaya hidup sehat, pendampingan dan bimbingan kesehatan, serta interaksi sosial dan dukungan komunitas.

"Senam kebugaran lansia yang kita laksanakan pada hari ini ialah senam yang telah dirancang khusus untuk disesuaikan dengan kemampuan fisik para peserta, begitu juga dengan Six Minute Walk Test (6MWT) atau Jalan 6 Menit," ujar Agus.

Agus menambahkan, tes ini digunakan untuk mengukur kapasitas fisik atau daya tahan seseorang khususnya pada lansia dengan kondisi kesehatan tertentu. Kemudian hasil dari tes ini digunakan sebagai indikator kebugaran kardiovaskuler dan kemampuan fungsional para lansia/peserta.

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network