get app
inews
Aa Read Next : Ayah Bripda Ignatius bikin Pengakuan Mengejutkan soal Penyebab Anaknya Tewas Ditembak Senior

Karier Cemerlang Eks Kapolres Kobar, Dharma G Kini Berpangkat Kombes dan Bertugas di Mabes Polri

Selasa, 03 Januari 2023 | 21:07 WIB
header img
Kombes Pol Elieser Dharma Bahagia Ginting SH, SIK, MH, CPHR bersalaman dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai pelaksanaan kenaikan pangkat, Sabtu (31/12/2022)./Foto: istimewa

 

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id -  Masih ingat dengan mantan kapolres Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, Elieser Dharma Bahagia Ginting SH, SIK, MH, CPHR yang sukses membawa Polres Kobar mendapatkan banyak penghargaan?

Kini kariernya terus melejit dan sudah menyandang pangkat Komisaris Besar (Kombes) Polisi atau perwira menengah (pamen) melati tiga dipundaknya. 

Kenaikan pangkat dari AKBP ke Kombes ini berdasarkan ST/2080/IX/2022 Tanggal 29 September 2022, ST/2775/XII/2022 Tanggal 23 Desember 2022, ST/2776/XII/2022 Tanggal 23 Desember 2022 dan KEPPRES RI Nomor 103/Polri/Tahun 2022 Tanggal 30 Desember 2022.

Sebelumnya Dharma Ginting menjabat Kabagbinkar RO SDM Polda Kaltim saat masih berpangkat AKBP, dan kini ia bertugas di mabes Polri dengan pangkat Kombes Pol.

Kombes Pol Elieser Dharma Bahagia Ginting SH, SIK, MH, CPHR merupakan Lulusan Akpol tahun 2000. Pria kelahiran Medan 13 November 1976 ini merupakan salah satu putra terbaik dari Desa Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dharma Ginting dibesarkan dari keluarga sederhana di desanya.

Usai lulus Akpol tahun 2000, dirinya bertugas di Sumsel dengan pangkat pertama Inspektur dua (Ipda) pada tahun 2001 sd 2008 hingga berpangkat AKP. Dan pada 2009-2014 ia bertugas di Polda Sulsel. Dan pada 2015 Kombes Pol Dharma Ginting mengikuti Sespimen saat masih berpangkat Kompol. Pada 2018 menjabat sebagai Kapolres Katingan dengan pangkat AKBP dan kapolres Kobar pada tahun 2019. Selanjutnya bertugas di Polda Kaltim hingga akhir 2022.

Saat bertugas di Polres Kobar di tahun 2019 lalu, putra Batak ini banyak membuat torehan yang cukup cemerlang.

Yang paling fenomenal dan sempat viral disejumlah medsos mulai dari Instagram, Facebook hingga YouTube adalah karya lagu Polres Kobar yang berjudul "Create A Strong Body Together Againts Corona".

Polres Kobar menyuguhkan karya yang unik dan berkelas terkait sosialisasi pencegahan virus corona (Covid-19). Biasanya, sosialisasi pasti dilakukan dengan cara memasang spanduk atau sosialisasi dengan secara lisan kepada masyarakat. 

Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting punya pemikiran “out of the box”, yakni dengan membuat karya lagu bergenre pop diselingi pap dengan durasi 3 menit 17 detik.

Lagu ini pun mendapat sambutan positif dari para netizen di dunia maya dan khalayak luas seantero Indonesia. Sebab lirik lagu yang cukup mengena dan aransemen musik juga terbilang “ciamik”.

Bahkan saking viralnya lagu tersebut, pada 25 April 2020, Kapolres Kobar bersama personel grup band Polres Kobar diberi kesempatan oleh iNews TV (MNC Media) untuk Live Skype di Program Inews Siang

Yang menakjubkan lagi adalah grup band Polres Kobar juga diundang sebagai bintang tamu untuk mengisi program acara “Semangat Bhayangkara” di Kompas TV dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74.

Yang paling membanggakan bagi Polres Kobar setelah lagu tersebut viral di media sosial dan media mainstream, sosok Kapolri Jenderal Idham Azis juga langsung melakukan video call kepada Kapolres Kobar didampingi personel band. 

Tak hanya itu, jiwa sosial sosok Dharma Ginting juga sangat menginspirasi banyak orang. Selama menjabat Kapolres Kobar, dirinya tak pernah lepas dengan namanya berderma. Catatan MNC Media di antaranya mantan Kapolres Kobar ini selalu rutin memberikan bantuan berupa materi maupun non materi kepada sejumlah panti asuhan di Kobar. 

Tak hanya itu, seluruh tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat selalu dirangkul tanpa memandang suku, ras dan agama. Ini dilakukan untuk menjaga kamtibmas di Kobar yang hingga saat ini semakin kondusif.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut