get app
inews
Aa Read Next : Debit Air Naik Waspada Serangan Buaya, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Sungai

Bunga Bangkai 1,5 Meter Ditemukan Tiga Remaja di Dalam Hutan Kecamatan Kolam

Kamis, 30 Maret 2023 | 07:31 WIB
header img
Penemuan bunga eksotis ini dilakukan secara tidak sengaja oleh warga setempat, yaitu Ontem, Ancah dan Cebong. /FOTO: ist

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id - Tanaman bungka bangkai atau dengan nama latin  (Amorphophallus Hewitti) ditemukan mekar di area hutan Kelurahan Kotawaringin Hulu, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kotawaringin Barat pada pekan lalu oleh warga setempat.

Penemuan bunga eksotis ini dilakukan secara tidak sengaja oleh warga setempat, yaitu Ontem, Ancah dan Cebong. 

Saat itu, ketiganya masuk ke dalam hutan mencari rebung. Saat berada di dalam hutan, salah seorang di antaranya mereka melihat bunga yang menjulang 1,5 meter di atas tanah.

“Kami bertiga, cuma yang melihat pertama kali si Cebong. Sedangkan kami lagi mencari rebung. Memang kalo posisi dekat dengan bunga tercium bau busuk tapi kalo jauh gak terlalu tercium,” ujar Ontem Kamis 30 Maret 2023.

Ontem menjelaskan lokasi penemuan bunga bangkai berjarak sekitar 5 kilometer dari ibu kota kecamatan. Letak bunga bangkai ini sendiri tak jauh dari anak sungai Lamandau yang kondisi hutannya masih sangat asri.

“Untuk lokasi masuk Kohul. Dari Kotawaringin hitungan 4 kilometer, habis itu masuk sekitar 1 kilometer. Sore ini rencana mau berangkat ke sana lagi. Hutannya dingin dan banyak pohon buah,” ujar dia.

Usai menemukan bunga langka itu, mereka lalu membersihkan kiri dan kanan bunga dengan menggunakan parang. Mereka menduga bunga bangkai ini baru saja mekar lantaran belum semua kelopak bunga keluar dari tempatnya.

“Kami bersihkan supaya keliatan bagus. Perkiraan saya baru saja mekar, soalnya kelopaknya belum semua berkerut dan masih akan bertambah besar.” 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut