get app
inews
Aa Read Next : Pasangan Walkot dan Wawalkot Lisa-Wartono Bertekad Wujudkan Banjarbaru Bersosial dan Berbudaya 

Sinergitas Antar SOPD Mampu Optimalkan Pendapatan Daerah

Rabu, 07 Juni 2023 | 10:23 WIB
header img
Tuslam Amirudin Anggota DPRD Kobar./FOTO: dok

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) di Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng perlu singkronisasi antar Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dilingkup Pemkab Kobar, sehingga target PAD mudah untuk di capai.

Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin mengatakan, yang perlu disadari bersama bahwa untuk mencapai PAD sebesar Rp100 miliar ini bukan tanggung jawab dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kobar saja.

Namun juga instansi yang ditargetkan untuk meningkatkan PAD dari berbagai sektor yang melekat di masing-masing SOPD.

"Maka kita harapkan singkronisasi antar SOPD agar disadari bersama untuk peningkatan PAD ini perlu kerja keras bersama-sama," kata Tuslam Amirudin, belum lama ini.

Menurutnya, paling tidak dari masing-masing SOPD ini bisa mengejar target PAD yang telah disepakati bersama. Sehingga Bapenda ini tidak merasa terbebani.

"Maka perlu singkronisasi, supaya target PAD dapat terlampui," ujarnya.

Bahkan kalau perlu, SOPD terus berinovasi untuk meningkatkan PAD dengan membidik sektor baru. Mengingat potensi PAD masih banyak yang bisa di bidik.

"Inovasi juga sangat diperlukan untuk membidik sektor yang baru. Kami juga siap untuk membahas rancangan peraturan daerah (Raperda). Karena semua ini untuk peningkatan PAD dan sekali lagi hasilnya untuk pembangunan di Kobar," jelasnya.

Termasuk SOPD juga jarang melibatkan SOPD lain, salah satunya Satpol PP. Hanya selama ini dari Bapenda saja yang baru melibatkan.

"Padahal peran dari Satpol PP ini sangat penting, mengingat Satpol PP ini sebagai aparat penegak Perda di Kobar," pungkasnya.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut