get app
inews
Aa Read Next : Karhutla di Palangka Raya Terus Meluas, Kabut Asap Pekat Masih Bertahan

Karhutla di Kalsel Meluas, Kabut Asap Mulai Menyelimuti Sejumlah Wilayah

Minggu, 25 Juni 2023 | 05:56 WIB
header img
Kabut asap mulai menyelimuti Kota Banjarbaru Kalsel./ Foto: ist

BANJARBARU, iNewsKobar.id - Karhutla di Kalimantan Selatan kian meluas. Ada puluhan hektare lahan terbakar dengan kabut asap menutupi sejumlah wilayah hingga ke askes jalan.

Salah satu kawasan yang terbakar yakni lahan prioritas penanganan di Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

 

Komandan Tim Lapangan BPBD Kalsel Ricky Ferdyanto mengatakan, ada ratusan personel gabungan dari BPBD Kalsel dan instansi lain bergerak cepat untuk memadamkan api.

“Ratusan personel gabungan terjun untuk memadamkan karhutla di ring satu area Bandara Syamsudin Noor,” ujarnya, Sabtu (24/6/2023).

Ricky menuturkan informasi titik api yang diterima melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kalsel ada tiga titik area kebakaran di wilayah prioritas penanganan. Ratusan personel gabungan terdiri atas BPBD Kalsel, BPBD Kota Banjarbaru, Manggala Agni, TNI, Polri dan relawan pemadam dari pihak swasta berjibaku memadamkan api.

Lebih lanjut, petugas sempat menutup akses jalan di sekitar lokasi selama 15 menit akibat asap mengganggu jarak pandang pengguna jalan dan upaya memadamkan titik api.

Saat ini, Ricky menyampaikan beberapa personel BPBD Kalsel menuju titik kebakaran ketiga di Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

“Karhutla cukup luas, kita masih berusaha melakukan penanganan untuk memastikan keselamatan warga dari kabut asap karhutla,” kata Ricky.

Dia mengungkapkan, pimpinan BPBD Kalsel memberi instruksi khusus agar seluruh personel memaksimalkan segala peralatan, mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Luas lahan yang terbakar pada Sabtu ini belum dapat dipastikan, tetapi diperkirakan lebih dari 20 hektare.

Sementara itu, salah seorang relawan barisan pemadam kebakaran (BPK) Riski mengatakan, ratusan personel mulai terjun ke lokasi karhutla sekitar pukul 13.00 Wita.

“Kebakaran cepat meluas karena cuaca cukup terik, tetapi seluruh petugas gabungan bekerja keras memadamkan seluruh titik api,” katanya.

Sebelumnya, berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD Kalsel pada Jumat (23/6/2023) karhulta telah melanda total sebanyak 132 hektare. Kabut asap bahkan sampai ke jalan dan permukiman warga.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut