get app
inews
Aa Read Next : Pria 41 Tahun Hilang di DAS Katingan, Petugas Gabungan Masih Proses Pencarian

Cacing Hati Ditemukan Petugas Saat Sidak di Tempat Pemotongan Hewan Kurban

Jum'at, 30 Juni 2023 | 13:18 WIB
header img
Waktu yang tepat memotong hewan kurban (Foto: Billy/doc iNews)

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) menemukan cacing hati pada hewan kurban saat pemotongan hewan di sejumlah tempat, Kamis (29/6/2023). 

Medik Veteriner Muda, Dinas Pertanian Kobar drh GM Sofyannoor mengungkapkan, temuan cacing hati (Fasciola sp) pada organ hati ditemukan tempat pemotongan hewan kurban di Kelurahan Mendawai.

“Penyakit cacing hati  ditemukan pada hewan kurban di Musala Darul Ikhlas,  Kecamatan Arsel, sebanyak 2 organ hati, dengan jenis sapi Madura,”  ungkapnya.

Ia menegaskan saat ini organ hati yang terkena penyakit cacing hati, sudah dilakukan penyitaan oleh petugas dan atas koordinasi dengan pihak panitia kurban setempat disepakati untuk dimusnahkan dengan cara dikubur agar tidak dikonsumsi masyarakat. 

Ia meyakini jumlah hewan kurban yang organ hatinya terkena penyakit hati bukan hanya 2 ekor, karena ada beberapa tim lainnya yang juga melaporkan menemukan kasus serupa di beberapa tempat yang dijadikan lokasi pemotongan hewan kurban.

“Tadi juga ada yang menelpon saya dan mengirimkan foto hati yang terkena penyakit cacing hati, untuk data lengkapnya nanti kita sampaikan, karena ada beberapa tim yang tersebar masih belum menyampaikan hasil monitoringnya,” tegasnya. 

Menurutnya, pengawasan dan pemeriksaan terhadap hewan qurban oleh tim dinas pertanian setempat masih berlangsung hingga 3 hari ke depan.

Karena masih banyak hewan qurban yang akan dipotong pada Jumat dan Sabtu. “Kita berharap agar daging sapi dan organ hati dimasak dengan benar agar terhindar dari penyakit,” harapnya.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut