get app
inews
Aa Read Next : Bekas Mako Lanud Heritage C Willem Direnovasi, Danlanud Gelar Syukuran

Melihat Kampung Kopi di Desa Kumpai Batu Bawah Kotawaringin Barat

Senin, 03 Juli 2023 | 09:49 WIB
header img
Di desa Kumpai Batu Atas juga terdapat beragam agrowisata satunya yaitu agrowisata kopi. Adapun kopi yang ditanam di Kampung Kopi ini adalah kopi berjenis Robusta dan Liberika./Foto: ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Desa Kumpai Batu Atas berjarak 17 kilometer sekitar 20 menit dari kota Pangkalan Bun. Desa Kumpai Batu Atas merupakan sebuah desa di Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Desa ini merupakan desa transmigrasi yang penduduknya berasal dari beberapa Kabupaten di Jawa Timur. 

Di desa Kumpai Batu Atas juga terdapat beragam agrowisata satunya yaitu agrowisata kopi. Adapun kopi yang ditanam di Kampung Kopi ini adalah kopi berjenis Robusta dan Liberika. Namun, yang ditonjolkan di Kampung Kopi ini adalah kopi berjenis Liberika. Pohon-pohon kopi di sini telah ditanam sejak transmigran menetap pada 1977 berwisata ke Desa Kumpai Baru Atas, dan pengunjung bisa melihat kopi Liberika dari proses petik sampai pembuatan. 

Disini ada 801 pohon kopi, yang terbagi atas 12 titik. Masing-masing titik ditanami 50 hingga 70 pohon. Untuk mengenal kopi Liberika, ada Paket wisata yang ditawarkan untuk berkeliling kebun kopi, yakni paket tiga jam atau setengah hari. Paket itu meliputi pengenalan kopi Liberika, pengalaman menyeruputnya, dan makan siang. Pada bagian pengenalan kopi, pengunjung akan diajak mengenal langsung karakternya. 

Pohon Liberika terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan pohon kopi Arabika. Tingginya bahkan mencapai 2 meter. Selain itu, Liberika hidup di tanah gambut. Ukuran buahnya besar-besar. Tentu jauh lebih besar dari buah kopi Arabika atau Robusta.

Kopi Liberika punya aroma seperti pohon nangka. Karena itu, di Jawa Timur, kopi ini sering dinamai kopi nangka. Rasanya pun fruity, saat diseruput. selain agrowisata kopi, desa Kumpai Batu Atas juga memiliki agrowisata kelengkeng, dan kebun jeruk. 

Tak jauh berbeda dengan agrowisata kopi, mengikuti agrowisata jeruk dan klengkeng , pengunjung juga akan diperkenalkan dengan buah kelengkeng serta jeruk. Pengunjung juga akan diajak memetik buah kelengkeng dan jeruk serta dapat menikmati buah-buahan tersebut di tempat. 

Bahkan anda juga bisa membelinya untuk dibawa sebagai buah tangan. Selain agrowisata juga terdapat wisata alam yaitu wisata alam tebing tinggi di sini menyajikan berbagai pemandangan hamparan sawit dan pemandangan alam dengan menaiki menara pandang. Akses perjalanan juga mudah fasilatias fasilitas kamar mandi, tempat oleh oleh juga lengkap di sana.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut