get app
inews
Aa Read Next : Debit Air Naik Waspada Serangan Buaya, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Sungai

Polisi: Situasi Sudah Kondusif Pasca Demo Rusuh di PT BJAP

Jum'at, 07 Juli 2023 | 13:53 WIB
header img
Kondisi kendaraan yang dirusak massa saat demo rusuh di PT BJAP Kabupatan Seruyan, Kamis 6 Juli 2023./Foto: tangkapan layar

KOTAWARINGIN BARAT,iNewsKobar.id - Pascademo rusuh yang terjadi di PT Bangun Jaya Alam Permai (BJAP) di Desa Suka Madang dan Desa Rantau Pulut Kabupaten Seruyan pada Kamis, 6 Juli 2023 siang, situasi terkini di lokasi sudah kondusif. 

"Alhamdulillah situasi saat ini sudah terkendali, belum ada laporan apakah ada korban atau tidak, kami juga melakukan koordinasi dengan Forkompimda dan stakeholder setempat agar bisa menyelesaikan masalah tersebut," ujar Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji saat ditemui insan pers di Palangka Raya, Jumat, 7 Juli 2023.

Ia menjelasakan, saat kejadian ada sekitar 250-300 masyarakat yang berdemo di lokasi. Kemudian melihat adanya aksi tersebut tim gabungan Polres Seruyan dan personel gabungan Polda Kalteng yang berjumlah 250 orang langsung melakukan aksi pengamanan.

Kemudian tuntutan pendemo adalah ingin dipertemukan dengan Bupati Seruyan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, untuk menyampaikan tuntutan terkait permintaan plasma sebesar 20%  kepada PT BJAP.

Merasa tidak dipenuhi, massa demo pun memanas dan anarkis sehingga merusak fasilitas kantor dan beberapa kendaraan yang berada di sekitar lokasi unjuk rasa.

Sebelumnya, aksi demo sudah berlangsung sejak Minggu 2 Juli 2023 di PT BJAP 3. Selanjutnya pada 6 Juli 2023 demo dilaksanakan di BJAP 2. 

Awalnya massa datang dari beberapa desa sekitar PT BJAP, seperti Sukamandang dan Rantau Pulut Kabupaten Seruyan. Ada juga dari Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim). Aksi massa mulai berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB. Massa mengamuk dengan beringas, merusak kantor PT BJAP 2 dan sejumlah mobil.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut