get app
inews
Aa Read Next : Museum Heritage Cornelis Willem Menjadi Sejarah Lanud Iskandar Pangkalan Bun

Lagi, Buaya Besar Muncul Resahkan Warga Bantaran Sungai Arut Pangkalan Bun

Senin, 10 Juli 2023 | 05:51 WIB
header img
Buaya kembali muncul di Sungai Arut Pangkalan Bun/FOTO: ist

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id -  Buaya besar kembali muncul di RT 10, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng pada Sabtu (8/7/2023) sekitar pukul 14.05 WIB.

Kemunculan binatang buas ini membuat resah warga bantaran Sungai Arut. Buaya yang diduga jenis Senyulong tersebut, muncul di tengah sungai ketika arus transportasi air (getek) sedang ramai. 

Bahkan buaya terlihat mendekati perahu getek yang lalu lalang. Buaya tersebut diduga merupakan buaya yang sama yang kerap menampakan diri di sekitar permukiman warga setempat. 

Warga  yang mengetahui kemunculan buaya tersebut langsung berhamburan keluar rumah untuk menyaksikan dari jembatan titian. Bahkan sejumlah warga mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponselnya. 

Salah seorang warga RT 10 Kelurahan Mendawai Rini mengatakan,  awal buaya muncul dari arah Korindo menuju arah permukiman warga, buaya yang mempunyai panjang lebih dari 3 meter itu disebutnya adalah buaya yang sama yang beberapa waktu lalu menampakkan diri di sungai Arut.

“Sepertinya buaya yang sama yang sering muncul beberapa waktu lalu,” ujarnya. 

Warga lainnya Rudi yang menyaksikan kemunculan buaya tersebut mengaku tidak merasa heran, lantaran bukan satu dua kali buaya tersebut muncul. 

Ia menduga buaya tersebut merupakan buaya yang menghuni Suaka Marga Satwa (SM) Lamandau, yang tidak begitu jauh dari kemunculan buaya tersebut.”Bisa jadi mencari makan, karena sumber pakan mereka mulai menipis, tetapi buaya tersebut tidak mengganggu masyarakat.”

Buaya tersebut muncul dan masuk kembali ke sungai, dan terlihat di titik lainnya yang tidak begitu jauh.Meskipun hewan predator tersebut kerap muncul, namun sejauh ini belum ada laporan ada serangan buaya terhadap manusia. “Meski begitu kita harap anak-anak jangan mandi di sungai terlebih dahulu, karena berbahaya, kita tidak tahu namanya binatang buas bisa saja ia muncul karena mengintai mangsa,” pungkas Adi. 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut