get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Harga Telur Ayam di Kobar Melejit, Imbas dari Harga Pakan Mahal

Minggu, 16 Juli 2023 | 07:33 WIB
header img
Salah satu penjual telur ayam di Pasar. (Foto : Riant Subekti)

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Harga pakan ternak ayam petelur di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kibar), Kalteng melejit, berimbas pada naiknya harga telur ayam ras.

Melambungnya harga telur ayam terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Di sejumlah pasar tradisional harga telur sudah mencapai Rp65 ribu sampai Rp75 ribu per tray. Padahal sebelumnya harga hanya Rp 50 ribu per tray. 

Sementara itu di tingkat produsen (peternak), harga telur per dus atau setara 12 tray mencapai Rp 780 ribu hingga Rp790 ribu. Peternak ayam di Sungai Sintuk, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Yunan mengaku bahwa harga pakan yang terus mengalami kenaikan  sejak sebulan terakhir.

Dibandingkan dengan telur dari Jawa, telur lokal masih lebih murah. Perbedaannya mencapai Rp10 ribu sampai Rp20 ribu per dus. Meski demikian, naiknya harga pakan dan telur di pasaran sedikit menguntungkan peternak. Dia berharap harga tetap bertahan. 

Dalam sehari 3800 ekor ayam di peternakannya dapat menghabiskan delapan sak pakan, dan menghasilkan telur 2.880 butir telur per hari. “Sementara ini telur kita antar ke sejumlah pedagang di pasar tradisional dan grosir,” pungkasnya.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut