Logo Network
Network

Alfiansyah Bustami Sah Pakai Nama Komeng untuk Pancalonan DPD, Dikabulkan Pengadilan Cibinong

Sigit Dzakwan Pamungkas
.
Minggu, 13 Agustus 2023 | 06:49 WIB
Alfiansyah Bustami Sah Pakai Nama Komeng untuk Pancalonan DPD, Dikabulkan Pengadilan Cibinong
Komeng ganti nama dan disahkan oleh pengadilan Bogor./FOTO: dok

 

 

 

 

 

BOGOR, iNewsKobar.id - Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengabulkan permohonan komedian Komeng berganti nama untuk keperluan pencalonan di DPD RI pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Tak banyak yang tahu, Komeng merupakan nama julukan komedian ini. Namun nama aslinya sesuai identitas KK dan KTP adalah Alfiansyah Bustami. Hal ini dilakukan, supaya nama Komeng bisa dijadikan nama di kertas pemilihan.

Humas PN Kelas IA Cibinong Amran S Herman, Jumat 11 Agustus 2023 mengungkapkan permohonan pergantian nama itu dikabulkan oleh hakim pada Mei 2023.

Pemilik nama lengkap Alfiansyah Bustami itu menambahkan nama panggungnya "Komeng" pada bagian akhir namanya menjadi "Alfiansyah Bustami Komeng". "Dikabulkan oleh hakim, menambahkan nama Komeng di belakangnya," ungkap Amran.

Alasan Komeng melakukan pergantian nama karena ingin sukses dalam Pileg 2024. Pergantian nama ini menjadi salah satu cara untuk memudahkan masyarakat mengenalnya di kertas suara. "Kepentingannya mau jadi caleg, mau jadi DPD," paparnya.

Komeng mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat pada 13 Mei 2023, sebagai bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Pemilihan Jabar.

Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok mengatakan Komeng merupakan warga yang tercatat berdomisili di daerah Bogor dan telah melalui tahap verifikasi administrasi dan verifikasi faktual sebelum melakukan pendaftaran.

"Bakal calon yang melakukan pendaftaran itu menyerahkan dokumen persyaratan, berupa surat keterangan kelakuan baik yang paling penting dari kepolisian, surat keterangan tidak dipidana secara hukum dari pengadilan, kesehatan jasmani dan rohani dan narkotika, dan kelengkapan lainnya," tutur Rifqi.

Rifqi menjelaskan Komeng bisa mendaftar sebagai bakal calon DPD RI setelah beberapa waktu sebelumnya mengumpulkan sekitar 6.000 dukungan warga yang dibuktikan dengan salinan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai salah satu persyaratan.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News

Bagikan Artikel Ini