get app
inews
Aa Read Next : Pria 41 Tahun Hilang di DAS Katingan, Petugas Gabungan Masih Proses Pencarian

Cuaca Panas, Satu Hektare Lahan Gambut di Palangka Raya Terbakar

Jum'at, 22 September 2023 | 05:31 WIB
header img
Kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Yosudarso Ujung, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kamis (21/09/2023) siang./FOTO: ist

 

PALANGKA RAYA, iNewsKobar.id - Cuaca ekstrem menyebabkan hampir 1 hektare lahan gambut kembali terbakar mendekati permukiman di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Upaya pemadaman oleh tim gabungan masih terkendala minimnya sumber air.

Seperti kebakaran yang terjadi di Jalan Yosudarso Ujung, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kamis (21/09/2023) siang.
 
Selain cuaca ekstrem, angin yang berhembus kencang juga membuat kobaran api dengan cepat melalap lahan gambut dan semak belukar seluas hampir 1 hektare. Bahkan api mendekati permukiman warga serta jalan utama di daerah itu.
 
Upaya pemadaman dilakukan tim gabungan Damkar Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Manggala Agni, BPBD dibantu TNI/Polri dan relawan.
 
Sulitnya mendapatkan sumber air membuat tim gabungan terpaksa mendatangkan mobil tangki air dengan memanfaatkan air parit guna melokalisasi api agar tidak semakin meluas.
 
Lebih dari dua jam kemudian api baru dapat dipadamkan petugas. Belum diketahui penyebab pasti terbakarnya lahan tersebut. Namun diduga lahan sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut