get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Dampak Kabut Asap, 14.900 Warga Kota Palangka Raya Kena ISPA

Rabu, 04 Oktober 2023 | 06:37 WIB
header img
Kabut asap yang selalu menyelimuti  Kota Palangka Raya menjadikan warga setiap waktu menghirup udara kotor./FOTO: ist

 

PALANGKA RAYA, iNewsKobar.id - Sebanyak 14.900 warga Kota Palangka Raya, terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Jumlah pengidap ISPA itu berdasarkan data dinas kesehatan (dinkes) setempat selama terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kabut asap yang selalu menyelimuti  Kota Palangka Raya menjadikan warga setiap waktu menghirup udara kotor. Dampak yang ditimbulkan oleh asap itu membuat pemerintah menetapkan status tanggap darurat karhutla sejak 29 September 2023 hingga 12 Oktober 2023.
 
Data Dinkes Kota Palangkaraya menyebutkan, dari total 14.900 penderita ISPA itu terdiri dari orang tua dan anak-anak. Pasien ISPA itu merupakan akumulasi sejak Januari hingga September 2023.

Peningkatan kasus ISPA terjadi pada bulan September 2023 dengan jumlah kasus sebanyak 2.675. Jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2023 yang hanya 1.740 kasus.
 
"Kasu ISPA memang ada kenaikan terutama di minggu keempat. Hampir setiap hari warga mengunjungi puskesmas untuk memeriksakan kesehatannya. Mereka rata-rata mengeluhkan batuk, flu dan demam," kata Kepala Puskesmas Bukit Hindu Palangka Raya, Hellyana.
 
Untuk menjaga kesehatan selama kabut asap, warga diimbau untuk mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang banyak, berolahraga serta selalu memakai masker jika beraktivitas di luar ruangan.

Sementara itu, selama kabut asap, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya juga telah mengeluarkan instruksi kepada sekolah agar mengundurkan jam masuk belajar serta meniadakan seluruh kegiatan ekstrakurikuler demi menjaga kesehatan para siswa.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut