get app
inews
Aa Read Next : Bekas Mako Lanud Heritage C Willem Direnovasi, Danlanud Gelar Syukuran

Kabut Asap, Banyak Balita di Palangka Raya Terkena ISPA

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 05:07 WIB
header img
Sejumlah balita menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doktor Doris Sylvanus Palangka Raya, Kalimantan Tengah./FOTO: ist

 

 

 

PALANGKA RAYA, iNewsKobar.id  - Kabut asap pekat akibat maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mengakibatkan sejumlah balita terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Mereka kini harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doktor Doris Sylvanus Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Kualitas udara yang masuk dalam kategori tidak sehat tidak hanya mengganggu aktivitas, namun juga mengancam kesehatan masyarakat.
 
Akibatnya, hampir setiap hari puluhan pasien mengunjungi ruang pelayanan kesehatan RSUD Doktor Doris Sylvanus, Palangka Raya untuk memeriksakan kesehatannya.
 
Sementara itu, di ruang perawatan anak, terdapat sejumlah pasien balita yang menjalani rawat inap akibat terserang ISPA.
 
Salah satunya Nabila, balita berusia satu tahun empat bulan ini harus diberikan infus dan sudah tiga hari menjalani perawatan. Gejala awal yang dialami anak itu adalah demam, batuk dan flu.

 

"Sudah tiga hari dirawat. Kata dokter terserang ISPA," kata Halimah, orang tua pasien,Kamis (5/10/2023).
 
Berdasarkan data rekam medis RSUD Doktor Doris Sylvanus, kasus rawat jalan dan rawat inap belum begitu naik sinifikan. Namun untuk pasien di IGD yang merasakan gejala mendadak dan berat meningkat dari 64 menjadi 80 pasien pada bulan September 2023.
 
"Saat ini masih ada empat pasien ISPA yang dirawat," kata Kepala Seksi Pelayanan Medis  RSUD Doktor Doris Sylvanus, dr Anto Abel.

Warga berharap kabut asap dapat segera berakhir dan kebakaran lahan dapat segera diatasi agar masyarakat terhindar dari penyakit ISPA dan kembali beraktivitas dengan normal.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut