get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Kenang Perjuangan Pahlawan, Masyarakat Gelar Malam Renungan di Monumen Palagan Sambi

Kamis, 19 Oktober 2023 | 08:16 WIB
header img
Monumen Palagan Sambi di Kotawaringin Barat merupakan saksi bisu atas perjuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia di tanah Kalimantan./FOTO; ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Monumen Palagan Sambi di Kotawaringin Barat merupakan saksi bisu atas perjuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia di tanah Kalimantan. 

Monumen tersebut adalah tugu peringatan penerjunan pertama pada 17 Oktober 1947 di Desa Sambi, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat oleh pasukan Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) dalam masa pergerakan melawan jajahan Belanda.

Pasukan penerjunan saat itu berjumlah 13 pasukan, yang mana tidak semua tentara. Tetapi, adapula putra asli dari Kalimantan, ada juga Jawa, dan Sulawesi.

Akhirnya pada 17 Oktober 1947 ditetapkan sebagai Hari Jadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), yang sekarang dikenal dengan Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU.

Untuk itulah, TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun bersama Pemerintah Kabupaten Kobar dan jajaran Forkompimda Kobar, serta seluruh kalangan masyarakat yang ikut dalam Renungan Malam Palagan Sambi untuk mengenang para pahlawan Republik Indonesia.

"Untuk bisa memberikan sedikit sentuhan tentang bagaimana perjuangan pendahulu kita yang merintis penerjunan yang pertama kali dilaksanakan di Republik Indonesia untuk memperjuangkan, mempertahankan kemerdekaan," ujar Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho.

Lalu, pelaksanaan Renungan Malam Palagan Sambi tersebut juga menampilkan pertunjukan musikalisasi puisi, yang mana TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun kolaborasi dengan pelajar pelajar SMA Negeri 3 Pangkalan Bun.

Tak hanya itu, renungan malam tersebut juga banyak ditonton masyarakat umum mulai dari orang tua, remaja, anak-anak, hingga lansia. 

Sehingga Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho berharap generasi muda dapat mengetahui dan melanjutkan perjuangan pahlawan terdahulu.

 

"Semoga anak-anak muda dapat terinspirasi, mendapatkan motivasi, semangat, dari apa yang dipersembahkan pada malam ini dan tentunya ini dapat memberikan juga untuk mengisi kemerdekaan yang sudah diraih sesuai bidang tugas masing-masing," ucapnya.

 

Selain itu Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho menyampaikan Malam Renungan Palagan Sambi nantinya akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

"Kami sudah mengusulkan supaya agenda ini bisa berkesinambungan supaya tidak berhenti ditahun ini tetapi bisa menjadi agenda rutin dan bisa dirangkaikan dengan HUT Kobar sehingga ini akan menjadi agenda yang sangat bagus, untuk bisa memberikan renungan apa yang sudah dilakukan oleh pejuang, pahlawan kita," ujarnya.

 

Di tempat yang terpisah, Pemerintah Kabupaten Kobar yang diwakilkan oleh Plh. Sekretaris Daerah Kobar, Juni Gultom memberikan apresiasi pada TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun serta unsur masyarakat yang terlibat karena telah melaksanakan kegiatan tersebut.

 

"Mengingatkan kita semua para pahlawan bangsa kita untuk kemerdekaan Republik Indonesia, semoga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin setiap tahun untuk mengingat para jasa pahlawan kita dalam penerjunan Palagan Sambi," tutur Juni.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut