get app
inews
Aa Read Next : Petugas Damkar Kobar Ajari IRT Atasi Tabung Gas Bocor dan Terbakar

Tekan Angka Stunting di Kobar, Dinkes Gulirkan Aksi Bergizi di Sekolah

Kamis, 19 Oktober 2023 | 08:22 WIB
header img
Sebagai upaya mencegah stunting di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar kegiatan 'Aksi Bergizi Di Sekolah', pada Kamis 19 Oktober 2023./FOTO: ist

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Sebagai upaya mencegah stunting di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar kegiatan 'Aksi Bergizi Di Sekolah', pada Kamis 19 Oktober 2023.

Kegiatan penggerakan masyarakat Aksi Bergizi tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat dalam kesempatan ini, berlangsung di MTsN 1 Kotawaringin Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kobar Achmad Rois menyampaikan, dengan kegiatan ini diharapkan mempu menumbuhkan kesadaran sejak dini masyarakat, khsusunya remaja atau pelajar akan pentingnya mempraktekan perilaku hidup Sehat.

Kualitas kesehatan remaja menjadi kunci dalam mencegah stunting. Intervensi untuk mencegah terjadinya peningkatan prevalensi stunting dapat dilakukan pada siklus daur hidup di tahap remaja, yang merupakan seorang calon ibu.

"Remaja yang telah dipersiapkan sejak dini untuk mengetahui permasalahan stunting, berarti kita telah mempersiapkan ibu yang memiliki pengetahuan cukup dalam pemenuhan gizi anak untuk mencegah stunting," kata Achmad Rois.

Pengetahuan gizi remaja khususnya remaja putri mengenai stunting sangat penting untuk mencegah terjadinya stunting. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu metode yang tepat untuk memberikan informasi kepada remaja.

Untuk, menyampaikan pesan kesehatan kepada masayarakat luas dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan kampanya luar ruang, atau penyuluhan atau penggerakan masyarakat dalam satu tempat tertentu dalam rangka memberikan informasi, sosialisasi serta implementasi tentang model intervensi Aksi Bergizi kepada para peserta didik.

Kegiatan Aksi Bergizi ini dilaksanakan dengan 3 intervensi utama, yaitu: (1) Sarapan dan minum Tablet Tambah darah (TTD) Bersama di sekolah setiap minggu, (2) Edukasi Gizi yang bersifat multi sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makanan yang sehat dan aktifitas fisik, (3) Komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif.

"Kegiatan ini kami harapkan dapat memberikan manfaat, karena dapat dirasakan secara langsung oleh para peserta didik tersebut.”

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut