get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Kotawaringin Barat Jadi Tuan Rumah Rakor Optimalisasi PAD se-Kalteng

Kamis, 19 Oktober 2023 | 12:32 WIB
header img
Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan rapat koordinasi optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) seluruh Kalimantan Tengah, sekaligus launching apikasi cerdas pajak dengan sistem integrasi digital (Sinpelaja)./FOTO: ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan rapat koordinasi optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) seluruh Kalimantan Tengah, sekaligus launching apikasi cerdas pajak dengan sistem integrasi digital (Sinpelaja).

Kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel di Pangkalan Bun, pada Selasa, 17 Oktober 2023 ini, dihadiri oleh Camat dan Kades se Kobar.

Dalam sambutannya, Plh Sekda Kobar Juni Gultom menyampaikan globalisasi informasi dan teknologi menghadirkan inovasi baru dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Inovasi dalam bentuk teknologi tak henti - hentinya terus berkembang di berbagai sektor.

Sektor perpajakan sebagai salah satu sektor terpenting pembangunan, harus selalu bergerak cepat dalam beradaptasi atas perkembangan zaman.

"Aplikasi sentuh pajak terintegrasi dengan sistem integrasi digital (Sinpelaja), ini dibuat untuk memudahkan pelaporan dan pengawasan pajak daerah. Elektronifikasi transaksi ini diharapkan dapat memudahkan pelaporan kewajiban perpajakan," ujarnya.

Wajib pajak juga dapat menyimpan dokumentasi pembayaran melalui gadget masing-masing apabila sewaktu-waktu diperlukan.

Kemudahan pembayaran ini tentu meningkatkan motivasi dan semangat wajib pajak yang cenderung tak ingin ribet dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Juni Gultom menyebutkan, suatu daerah akan bisa melaju dengan sangat cepat apabila daerah tersebut memiliki kemandirian dari sisi anggaran. Harapannya kontribusi Pendapatan asli daerah (PAD) semakin besar dalam struktur APBD tiap tahunnya.

 

Upaya menuju kemandirian daerah melalui optimalisasi penerimaan pad adalah menjadi tanggung jawab partisipasi seluruh pihak, tidak mungkin Pemkab dapat memaksimalkan penerimaan PAD kalau tidak mendapat dukungan partisipasi penuh dari seluruh wajib pajak dan pengelola keuangan, dan pendapatan daerah serta dukungan keterpaduan responsif dari para pihak terkait dalam seluruh upaya optimalisasi penerimaan PAD. Orang Bijak Taat Bayar Pajak dengan Pajak Kobar Jaya.

"Karena itu, pemerintah daerah (eksekutif dan legislatif) ini sangat mengharapkan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak, untuk mewujudkan Kabupaten Kotawaringib Barat yang maju dan berkejayaan.”

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut