get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Kotawaringin Barat Raih Penghargaan Primaniyarta 2023 Kategori Pendukung Ekspor

Kamis, 19 Oktober 2023 | 18:59 WIB
header img
Kabupaten Korawaringin Barat (Kobar) meraih penghargaan Primaniyarta 2023 dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. /FOTO: ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Kabupaten Korawaringin Barat (Kobar) meraih penghargaan Primaniyarta 2023 dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. 

Penghargaan diterima Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kobar, Budi Santosa pada Pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Rabu, 18 Oktober 2023.

Kabupaten Kobar mendapatkan penghargaan Primaniyarta 2023 dalam kategori Kepala Daerah Pendukung Ekspor. 

Hal tersebut merupakan capaian prestasi luar biasa oleh pemerintah daerah dalam pengembangan sektor ekspor. 

"Pemerintah daerah sendiri telah melakukan beberapa upaya untuk mendukung eksportir dalam melakukan ekspor, salah satunya dengan memberikan bimtek dan pendampingan kepada calon eksportir," kata Budi Santosa.

Budi Santosa menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut, sekaligus menjadikan suatu  dorongan pada daerah agar terus berinovasi dan mendukung pertumbuhan ekspor nasional.

Diketahui, Kabupaten Kobar memiliki volume ekspor dengan total 1796571165,30, dari data Komoditas Kabupaten Kobar di Badan Pusat Statistik (BPS) wilayah Kabupaten Kobar Tahun 2020-2022. 

Komoditas tersebut terdiri atas kayu dan barang dari bahan kayu, lemak dan minyak hewani/nabati, bahan nabati untuk anyam-anyaman, berbagai produk kimia, biji, kerak dan abu logam, ampas sisa industri makanan, garam belerang dan kapur, serta timah hitam. 

Kendati demikian, Budi menyampaikan penghargaan Primaniyarta 2023 juga merupakan prestasi seluruh masyarakat Kabupaten Kobar yang telah bekerja keras dalam menciptakan kebijakan terkait pro-ekspor. 

 

"Keberhasilan ini menjadi bukti komitmen kuat pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat dalam upaya meningkatkan daya saing ekspor Indonesia di pasar global,” ujarnya.

Ia berharap, kedepannya, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kobar semakin meningkat. Tak hanya dalam skala lokal saja, tetapi juga tumbuh dan melebar hingga mencapai skala internasional.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut