get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Pilkades Serentak di Kotawaringin Barat Segera Dimulai, Aparat Keamanan Mulai Diterjunkan

Selasa, 24 Oktober 2023 | 05:33 WIB
header img
Polres Kotawaringin Barat siap mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kotawaringin Barat, yang akan berlangsung pada 26 Oktober 2023./FOTO: ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Polres Kotawaringin Barat siap mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kotawaringin Barat, yang akan berlangsung pada 26 Oktober 2023.

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono menyampaikan kesiapannnya, yaitu dengan akan menerjunkan sebanyak 60 personel untuk memperkuat pengamanan jalannya Pilkades.

"Untuk Polres di sini menerjunkan sekitar 60 personel untuk perkuatan, dan juga Kapolsek akan melakukan monitor di setiap desa yang melaksanakan Pilkades," kata AKBP Bayu Wicaksono, usai mengikuti apel pergeseran personil dan logistik Pilkades tahun 2023 dalam rangka pengamanan pemungutan suara di TPS, Senin, 23 Oktober 2023.

Kemudian, berkaitan dengan situasi Kamtibmas di Kabupaten Kotawaringin Barat jelang Pilkades ini, sangat aman dan Kondusif, hal ini atas sinergi yang baik antar unsur TNI Polri dan Pemda Kobar.

"Berkat Sinergi yang sangat luar biasa dari unsur TNI Polri dan Pemerintah Daerah dibantu stakeholder terkait lainnya, jelang Pilkades Serentak ini Kobar dalam dalam kondisi aman. Untuk kelancaran nantinya, kita tetap bersinergi di lapangan.”

 

Selanjutnya, dalam rangka mengantisipasi kerawanan  atau gangguan Kamtibmas dalam Pilkades serentak ini, Polres Kobar sudah melakukan mapping atau pemetaan.

"Kita tetap mapping setiap permasalahan-permasalahan di desa yang melaksanakan Pilkades, setiap persoalan kita sudah mapping dan insya Allah nanti kita lakukan mitigasi dengan baik, dengan Sinergi antara TNI Polri dan Pemda.”

 

Sementara itu, Pj Bupati Kobar, Budi Santosa mengatakan, apel pergeseran personil dan logistik Pilkades ini di maksud untuk pengecekan kesiapan personil pengamanan (TNI, Polri dan Sat Pol PP) dalam melaksanakan tugas pengamanan di TPS. 

"Pilkades Serentak khususnya dalam pemungutan suara ini, kita menyiapkan sebanyak 180 personil pengamanan di TPS dan termasuk linmas sebanyak 360 personil, dengan masing masing di TPS akan melakukan pengamanan oleh 1 personil Polri , 1 personil TNI dan 2 personil linmas,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati juga berpesan agar dalam pelaksanaan pengamanan ini di lakukan pengamanan dan pengawalan kotak suara hasil Pilkades dari TPS ke PPKD. 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut