get app
inews
Aa Read Next : Debit Air Naik Waspada Serangan Buaya, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Sungai

Kembangkan Produksi Susu, Peternak Sido Rukun di Kobar Terima Bantuan 5 Ekor Sapi

Kamis, 26 Oktober 2023 | 06:53 WIB
header img
Kelompok peternak Sido Rukun, Desa Suku Jaya, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah menerima bantuan sebanyak 5 ekor sapi perah./FOTO: dok

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Kelompok peternak Sido Rukun, Desa Suku Jaya, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah menerima bantuan sebanyak 5 ekor sapi perah jenis Peranakan Frissein Holstein (PFH). 

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kobar Kris Budi Hastuti menyebutkan, pemberian bantuan sapi perah tersebut merupakan uji coba pemerintah daerah yang dilakukan pada tahun 2021 lalu. 

Lalu, hingga saat ini ternak sapi perah tersebut sudah berkembang menjadi 7 ekor sapi dengan menghasilkan susu 9 liter/hari/ekornya.

"Hasil pengembangan sapi perah di Kotawaringin Barat sangat menjanjikan, produksi susu bisa dijual untuk penambahan penghasilan peternak," ujar Kris, Rabu, 25 Oktober 2023.

Produk susu sapi itu sudah dipasarkan ke masyarakat di sekitar Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), dan kini sudah ada dua induk yang telah melahirkan dari inseminasi buatan dengan jenis strow limousin dan simental. 

Kris menyampaikan, kelompok ternak tersebut telah diberikan edukasi dan bimbingan terhadap menjalankan ternak dengan baik sehingga menghasilkan produk susu yang sehat.

"Pembinaan dan pendampingan terkait Good Farming Practice dan kesehatan hewan, kebersihan ternak, pembersihan kandang sblm pemerahan, kebersihan dan kesehatan peternak," ujarnya.

Kemudian, ia mengungkapkan pengembangan ternak jenis sapi perah ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan peternak dan sekaligus membantu penanganan kasus stunting di desa Suku Jaya, Kecamatan Kolam.

Lalu, ia pun mengatakan harapannya ke depan diperlukannya penambahan jumlah ternak sapi perah jenis PFH dengan pengolahan manajemen yang semakin baik lagi.

"Perlu pengelolaan atau manajemen lbh baik supaya produksi yg maksimal dan berkelanjutan," tandas Kris. 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut