get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Dua Makanan Khas Kotawaringin Barat yang Wajib Kalian Nikmati

Minggu, 29 Oktober 2023 | 07:15 WIB
header img
Wadai ilat sapi merupakan jajanan khas Pangkalan Bun yang manis, empuk, gurih dan lembut. Namun wadai ini nikmat saat di temani dengan teh manis atau kopi./FOTO: ist

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng memiliki wisata alam dengan pemandangan indah. Kotawaringin Barat tidak hanya terkenal dengan wisata tapi juga terkenal dengan kulinernya.

Pangkalan Bun memiliki kuliner yang berbeda dari daerah lain dan tidak boleh terlewatkan. Kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khas yang lezat.

Ada beberapa kuliner khas Kotawaringin Barat yang wajib kalian coba.

1. Coto Menggala

Coto ini merupakan makanan yang bahan utamanya dari singkong atau ketela. Coto ini dinamakan Coto Manggala karena rakyat Pangkalan Bun menyebut singkong dengan nama manggala.

Coto Menggala atau soto singkong merupakan makanan khas kotawaringin barat. Coto ini tidak dimakan menggunakan nasi, melainkan menggunakan singkong, daging yang di gabung dengan coto tersebut berbeda dengan soto lainnya.

Makanan ini memiliki kuah yang kental atau pekat sehingga terasa keras di mulut saat dimakan, dan rasa coto mengala yang kental berasal dari tepung singkong yang biasa digunakan sebagai bahan baku tepung tapioka.

Bumbu coto ini berupa merica bubuk, garam, dan bawang putih yang dihaluskan. Potongan kaki ayam atau sayap ayam dan bumbu coto dicampurkan ke dalam rebusan singkong yang telah dipotong-potong dan direbus hingga setengah matang.

Coto ini dihidangkan dengan seledri dan bawang goreng seperlunya. Makan Coto Menggala memang enak sambil melihat Sungai Arut yang begitu panjang dan perahu-perahu melintas dari hulu ke hilir.

Nama tempat yang sering di kunjungi masyrakat Pangkalan Bun untuk mencicipi makanan tersebut, tidak jauh dari kota hanya memerlukan waktu 11 menit agar bisa sampai ke tempat tersebut. Tempat tersebut sudah berdiri 12 tahun sekitar dari tahun 2011.

Lokasinya di Gardu Mendawai, Jalan Barame, Mendawai, Kecamatan Arut Sel, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

2. Wadai Ilat Sapi

Wadai ilat sapi merupakan jajanan khas Pangkalan Bun yang manis, empuk, gurih dan lembut. Namun wadai ini nikmat saat di temani dengan teh manis atau kopi.

Jajanan ini juga bisa di jadikan oleh-oleh setelah berlibur ke Kotawaringin barat kota pangkalan bun, banyak masyarakat yang menjual wadai ini di pinggir jalan, toko oleh oleh pangkalan bun atau di pasar tradisional.

Mengapa di namakan wadai ilat sapi sekilas jajanan ini mirip dengan lidah sapi jajanan tersebut berbahan utama adalah tepung. Jajanan tersebut memiliki 2 warna ada yang warna putih dan ada juga berwarna kecoklatan.

Jadi bagi anda yang sedang berkunjung ke Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun, jangan lupa membawa oleh-oleh jajanan yang unik untuk keluarga di rumah!

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut