get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Disperindakop UKM Kobar Susun Kalender Event UMKM

Jum'at, 03 November 2023 | 07:02 WIB
header img
Disperindagkop mulai susun kalender event UMKM di Kobar, dalam rangka membina pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)./FOTO: ist

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id  - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng mulai menyusun kalender event UMKM di Kobar, dalam rangka membina pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Kepala Disperindagkop UKM Kobar, Alfan Khusnaini mengatakan, untuk menyusun kalender event UMKM itu, pihaknya melakukan rapat dengan seluruh camat se-Kobar dan lurah/desa se Kobar, termasuk kelompok pekaku UMKM.

Menurutnya, penyusunan kalender event UMKM ini karena banyaknya masukan perihal event yang berbarengan, sehingga berdampak pada pelaku UMKM lainnya, seperti sepinya pengunjung. 

"Kami mengundang camat, lurah dan desa se-Kobar, agar kami mengetahui agenda event - event yang telah direncanakan untuk tahun 2024 mendatang, maupun yang telah berjalan. Kegiatan rapat ini agar ada sinkronisasi, sehingga event yang melibatkan pelaku UMKM, tidak berbarengan," ujar Alfan Khusnaini, Kamis 2 November 2023.

Alfan melanjutkan, penyusunan kalender event UMKM ini supaya ada akselerasi pemberdayaan UMKM di Kobar. Dalam pemberdayaan UMKM, pemerintah Kobar selalu hadir.


Dalam penyusunan kalender event UMKM ini melibatkan camat dan lurah, karena camat dan lurah merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah daerah yang bersentuhan langsung dengan UMKM. 

"Dalam penyusunan kalender event UMKM ini, akan diperkuat oleh Surat Keputusan (SK) Bupati Kobar, sehingga dalam SK itu telah diatur jadwal event event UMKM," tuturnya.

Ia berharap, apabila event tidak berbarengan, maka akan ada pemerataan pengunjung, dan tentunya akan ada nilai tambah bagi pelaku UMKM itu sendiri.

Dalam kesempatan itu, Alfan juga mengharapkan seluruh pelaku UMKM di Kobar bersatu dan kompak, tidak ada istilah persaingan. Sebab, kata dia, rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. 

"Pemerintah daerah Kobar telah berkomitmen dalam memberdayakan UMKM. Selain penyusunan kalender event UMKM, kami juga telah menyusun rancangan Peraturan Bupati tentang kemudahan berusaha, memberikan perlindungan serta pemberdayaan UMKM di Kobar," pungkasnya.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut