get app
inews
Aa Read Next : Seorang Nenek di Sampit Menjadi Korban Hipnotis, Cincin Emas Diembat Pelaku

Tingginya Kasus DBD di Kobar, Pencegahan dan Penanganan Harus Optimal

Kamis, 11 Januari 2024 | 10:59 WIB
header img
Tampak petugas dari Dinas Kesehatan Kobar menyemprotkan racun serangga untuk membunuh nyamuk Aydes Aegepty./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Anggota DPRD Kotawaringin Barat (Kobar), mengharapkan agar dalam penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD) dilakukan dengan sinergi yang baik, sehinga dapat optimal.

Sri Lestari, anggota DPRD Kobar mengungkapkan, keinginannya agar upaya pencegahan DBD dapat ditingkatkan guna mengurangi jumlah pasien bahkan korban jiwa.

"Penanganan DBD kami harapkan dapat ditingkatkan dan dimaksimalkan. Jangan sampai ada korban jiwa lagi. Pasalnya, beberapa pasien dilaporkan telah meninggal dunia akibat DBD," ujar Sri Lestari.

Sri Lestari menyampaikan urgensi evaluasi tahunan terkait penanganan DBD. Ia menekankan perlunya peningkatan pengawasan, khususnya dalam mengantisipasi perubahan cuaca yang dapat memicu wabah penyakit di Kobar.

Tingginya kasus DBD yang melibatkan hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi perhatian serius.

Dewan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar mengajak semua pihak, untuk bersinergi dalam mencari solusi dan meningkatkan langkah-langkah antisipasi.

"Pentingnya bersama-sama mengatasi masalah ini, baik melalui fogging untuk memberantas nyamuk Aedes aegypti maupun sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat," kata Sri Lestari.

Ia menambahkan bahwa penerapan 5 M (menutup, mengubur, menguras, mengganti, menaburkan abate pada bak mandi), dapat menjadi langkah konkret untuk mencegah perkembangan jentik nyamuk tersebut.

"Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat meminimalkan penyebaran DBD di Kabupaten Kotawaringin Barat, menciptakan lingkungan yang lebih sehat, dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam upaya pencegahan," pungkasnya. 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut