get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Warga Desa Pangkalan Dewa Tangkap Buaya 2 Meter Dengan Tangan Kosong

Kamis, 29 Februari 2024 | 07:04 WIB
header img
Aksi Warga Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah ini cukup nekat. Dengan tangan kosong ia mampu menjinakkan buaya liar yang sering meneror masyarakat setempat../FOTO; dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Aksi Warga Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah ini cukup nekat. Dengan tangan kosong ia mampu menjinakkan buaya liar yang sering meneror masyarakat setempat. 

Buaya berukuran sekitar 2 meter berhasil ditangkap saat sedang tertidur pulas di daratan tak jauh dari Sungai Biru, Desa Pangkalan Dewa Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng pada Selasa (27/2/2024).

Informasi warga sekitar, buaya tersebut sering muncul dan membuat takut sejumlah karyawan PT Surya Sawit Sejati (SSS). Bahkan karyawan perusahaan itu sering melihat buaya itu berjemur di kawasan Sungai Biru. “Buaya itu ditangkap saat sedang tidur, dijerat oleh Pak Hotman pakai tali dibagian mulutnya. Sempat bangun tapi sudah terjerat badannya,” ungkap Ali.

Menurutnya buaya ini sering ditemui warga dan karyawan perusahaan tempatnya bekerja. Ia menduga buaya di kawasan itu tidak hanya satu ekor tapi masih ada beberapa lainnya yang masih ada di sekitaran lokasi tersebut.

Tak hanya itu video penangkapan buaya tidur ini juga menyebar di media sosial. 

Terpisah Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Dendi Setiadi di konfirmasi membenarkan adanya penangkapan buaya tersebut.

Buaya itu diserahkan warga dan saat ini sudah dilepasliarkan ke habitatnya yakni di Suaka Marga Satwa Sungai Lamandau. “Iya benar ada penangkalan buaya, saat ini sudah kita lepasliarkan langsung ke lokasi SM Lamandau,” ungkapnya

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut