get app
inews
Aa Read Next : Masa Tugas Pj Bupati Kobar Hampir Habis, DPRD Kobar Rekomendasikan Dua Nama

Anggota DPRD Kobar Dorong Pemkab Perhatikan Sektor Pariwisata Demi Tingkatkan PAD

Rabu, 01 Mei 2024 | 07:46 WIB
header img
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kobar, Hatnati dari Fraksi Partai Gerindra./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewKobar.id -  Sektor Pariwisata dipastikan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kotawaringin Barat. Oleh kerena itu diharapkan pemerintah daerah serius dalam pengembangan sektor pariwisata di wilayah Bumi Marunting Batu Aji ini. 

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kobar, Hatnati dari Fraksi Partai Gerindra. 

Menurut Hatnati, pemerintah daerah Kobar harus terus mendorong peningkatan sektor pariwisata guna memberikan multiplayer efek bagi perekonomian masyarakat. 

"Perlu kita ketahui, kunjungan wisatawan mancanegara ke Kobar ini sangat tinggi, mengingat ada Taman Nasional Tanjung Puting, dimana Taman Nasional Tanjung Puting itu tempat pengembangan orangutan, tentunya hal itu sebagai peluang besar bagi daerah, agar turis mancanegara ini bisa juga menikmati objek wisata yang ada di Kobar, seperti wisata pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Kumai,  dan desa desa wisata seperti desa Sekonyer," ujarnya.

Ia melanjutkan, dalam pengembangan pariwisata di perlukan sinergi program dengan pengembangan destinasi wisata baik pusat, provinsi maupun Kabupaten. Dengan demikian, sektor pariwisata diharapkan menjadi andalan untuk meningkatkan PAD. 

"Kita harus optimis sektor pariwisata sangat penting dalam upaya peningkatan PAD, karena perkembangan pariwisata daerah berimbas pada ekonomi masyarakat, sehingga sektor pariwisata ini mampu mensejahterakan masyarakat kita, melalui pengembangan produk UMKM," tuturnya. 

 

Lanjutnya, pada saat musim lebaran, dalam waktu 4 hari angka kunjungan ke objek wisata Bogam Raya mencapai 37 ribu lebih, tentunya angka itu sangat luar biasa bagi PAD melalui retribusi, untuk itu sarana dan prasarana penunjang pariwisata pun harus di tingkatkan terutama infrasktruktur. 

"Harapan kami, destinasi wisata di Kobar ini bukan saja di kunjungi oleh wisata lokal saja, tetapi turis mancanegara pun tertarik untuk berkunjung," imbuhnya.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut