get app
inews
Aa Read Next : Jika Mengacu Aturan, Berikut Nama Nama Pimpinan di DPRD Kobar Periode 2024-2029

Dana BOS Rawan Diselewengkan, Anggota DPRD Kobar Desak Instansi Terkait Tingkatkan Pengawasan

Kamis, 06 Juni 2024 | 06:23 WIB
header img
Anggota DPRD Kobar Ade Ridho./FOTO: ist

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Anggota DPRD Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng mengingatkan kepada dinas terkait untuk memperketat pengawasan penggunaan Dana BOS, guna mencegah penyelewengan.

Anggota DPRD Kobar Ade Ridho mengatakan, menyikapi ditetapkannya Provinsi Kalimantan Tengah nomor satu penyelahgunaan dana BOS oleh KPK RI, instansi terkait harus perketat pengawasab.

"Agar penyelewengan dana BOS ini tidak terjadi di Kobar, pentingnya pendampingan dari Dikbud terhadap sekolah yang mendapatkan dana BOS. Sehingga dana BOS nanti sesuai dengan penggunaan yang sudah diarahkan dari pemerintah," kata Ade Ridho.

Penyalahgunaan atau penyelewengan Dana BOS pasti akan berdampak pada sarana dan prasarana pendidikan yang tidak layak. Pembangunan sektor pendidikan akan terhambat.

"Dana BOS ini sangat penting untuk menunjang pendidikan di sekolah. Kalau diselewengkan, bagaimana jalannya pendidikan di sekolah. Maka penting dilakukan pendampingan yang berkelanjutan atau pendampingan yang continue  dari apa Dinas terkait.”

Ia mengungkapkan, untuk penggunaan Dana Bos di Kabupaten Kotawaringin Barat saat ini tercatat masih aman. Terbukti, Kotawaringin Barat mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Kalteng.

"Jadi terkait pelaporan keuanganya baik, termasuk penggunaan Dana BOS. Semoga kedepan, sektor pendidikan di Kobar semakin meningkat," pungkasnya.

 

 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut