get app
inews
Aa Read Next : Bangun Akulturasi Demi Menjaga Keharmonisan dengan Masyarakat, PT BGA Gelar Forsimas 2024

Perawatan, Monumen Pesawat Dakota RI – 002 Pangkalan Bun Dibersihkan

Jum'at, 19 Juli 2024 | 07:13 WIB
header img
Situs bersejarah nasional, monumen pesawat Dakota RI – 002 Pangkalan Bun Kamis (18/7/2024), dibersihkan./FOTO: dokk

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Situs bersejarah nasional, monumen pesawat Dakota RI – 002 Pangkalan Bun Kamis (18/7/2024), dibersihkan

Pembersihan monumen tersebut diinisiasi TNI AU Lanud Iskandar dengan melibatkan sejumlah petugas gabungan.

Pesawat yang menjadi saksi bisu operasi penerjunan pertama di Indonesia itu dimandikan dengan menggunakan cairan khusus lalu disikat guna menghilangkan debu dan lumut yang menempel di sela-sela bodi pesawat.

Tak hanya melibatkan prajurit TNI AU, gotong royong pembersihan pesawat maupun monumen Palagan Sambi juga diikuti TRC BPBD, Satpol PP, Damkar dan petugas DLH. Mereka berbagi tugas merapikan bagian luar maupun dalam monumen.

Komandan TNI AU Lanud Iskandar Letkol Pnb David Moningka mengutarakan gotong royong pembersihan Pesawat RI – 002 dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bhakti TNI AU ke – 77, sekaligus wujud kedekatan TNI bersama warga Kotawaringin Barat.

“Kegiatan ini dalam rangka Hari Bakti TNI AU ke -77, yang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat terutama generasi muda mengenal dan mengetahui bahwa kota Pangkalan Bun memiliki nilai historis yang sangat dekat dengan TNI AU,” ucap Danlanud Iskandar.

Pihaknya berharap keberadaan monumen Palagan Sambi di Pangkalan Bun dapat dirawat dan dijaga bersama, sebab situs tersebut sarat akan historis perjuangan bangsa melawan penjajah, sekaligus dapat berfungsi sebagai salah satu destinasi alternatif wisata sejarah di Bumi Marunting Batu Aji.

“Kita harapkan Monumen Palagan Sambi ini tidak hanya menjadi monumen saja tetapi bisa menjadi ajang menambah wawasan terhadap sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan monumen ini dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di kota Pangkalan Bun,” pungkas Letkol Pnb David Moningka.

Rencananya, ke depan TNI AU bersama Pemkab Kobar akan melakukan sejumlah perbaikan beberapa fasilitas yang ada di monumen Palagan Sambi supaya nyaman dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat umum.

“Untuk saat ini TNI AU dalam hal ini bersama Dispar Kobar akan melaksanakan beberapa perbaikan sehingga tempat ini nyaman dan ramah terhadap semua kalangan terutama anak- anak dalam menambah ilmu pengetahuan tetang bela negara.”

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut