get app
inews
Aa Read Next : Pengakuan Hutan Adat, Menteri LHK Kunjungi Desa Kinipan, Lamandau

Bekas Mako Lanud Heritage C Willem Direnovasi, Danlanud Gelar Syukuran

Selasa, 30 Juli 2024 | 07:24 WIB
header img
Syukuran renovasi bekas mako Lanud Iskandar  Heritage Cornelius Willem di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Senin 29 Juli 2024./FOTO: dok

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Komandan Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng Letkol Pnb David Moningka beserta jajaran melaksanakan syukuran renovasi bekas mako Lanud Iskandar  Heritage Cornelius Willem di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Senin 29 Juli 2024.

Heritage Cornelius Willem yang direnovasi tersebut sebelumnya telah diresmikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Senin, 18 Maret 2024 lalu. 

Menurut Danlanud, bangunan heritage bersejarah tersebut bisa menjadi salah satu tempat menimba ilmu belajar bagi generasi muda yang ada di Kotawaringin Barat. Lanud Iskandar Pangkalan Bun merupakan salah satu Lanud yang memiliki sejarah yang panjang. 

“Pangkalan TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun ini dibangun pada tahun 1938, sejarah itu tidak pernah terlupakan, selalu ada di hati masyarakat Kotawaringin Barat,” ujarnya.

Ia meneruskan, di Pangkalan TNI AU Lanud Iskandar ini juga pernah terjadi pertempuran saat tentara Belanda mendarat di Kumai menyusuri Jalan Kumai – Lanud Iskandar yang saat itu ada perlawanan dari para pejuang. 

“Tidak serta merta Lanud Iskandar ini ada, akan tetapi ada historis yang besar,” ungkap Danlanud.

Ia berpesan, pihaknya akan sama-sama menjaga bangunan tersebut agar terus ramai dikunjungi. “Harapan saya ke depannya juga tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata, ada peluang yang bisa kita ambil bekerjasama dengan tour guide yang ada di Kotawaringin Barat agar wisatawan bisa mampir ke Heritage C Willem.”

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut