get app
inews
Aa Read Next : Kobar Expo 2024 Kenalkan UMKM dan Program Pemerintah ke Masyarakat

Waket I DPRD Kobar Apresiasi RS SI Luncurkan Layanan Baru Pos Stuntin

Rabu, 09 Oktober 2024 | 05:30 WIB
header img
Wakil Ketua I DPRD Kobar, Rudi Imam Gunawan (kanan) bersama Kabid Penunjang RSSI Pangkalan Bun saat meluncurkan Pos Stunting di RS SI./FOTO: dok

 

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Barat (Kobar) memberikan dukungan penuh terhadap layanan terbaru, Pos Stunting yang diluncurkan di Rumah Sakit Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun

Dukungan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Kobar, Rudi Imam Gunawan.Ia menilai bahwa Pos Stunting ini merupakan langkah tepat dalam upaya menekan angka stunting di Kobar.

Menurutnya, kehadiran Pos Stunting di RSI Pangkalan Bun menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat akan akses layanan stunting yang komprehensif. Dengan adanya pos ini, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan penanganan dan informasi terkait stunting secara cepat dan efektif. 

"Pos Stunting ini baru diluncurkan, sehingga perlu dilakukan sosialisasi secara menyeluruh agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik. Ini juga menunjukkan keseriusan pemerintah daerah, khususnya RSSI  Pangkalan Bun, dalam menekan angka stunting di wilayah Kabupaten Kobar," ujar Rudi.

Ia menjelaskan, Pos Stunting ini adalah terobosan baru yang dinisiasi oleh Kabid Penunjang RSSI Pangkalan Bun. la berharap inovasi tersebut dapat menjadi proyek percontohan di Kalimantan Tengah.

"Inovasi ini sangat luar biasa karena memberikan ruang khusus untuk perawatan pasien stunting dengan gizi buruk. Selain itu, keluarga pasien juga akan mendapatkan edukasi mengenai cara penanganan dan pencegahan stunting. Pos ini juga akan mendokumentasikan data lengkap terkait kasus stunting, sehingga penanganan dapat lebih tepat sasaran," tambahnya.

Ia. menekankan penanganan kasus stunting bukan sekadar tugas rutin, melainkan program prioritas yang telah dinstruksikan oleh pemerintah pusat. Stunting, yang dapat mempengaruhi generasi penerus bangsa, harus ditangani dengan serius dan tuntas.

“Stunting bukan hanya soal angka, tetapi juga tentang bagaimana kita memastikan anak-anak Kobar tumbuh sehat dan siap menjadi generasi penerus bangsa. Penanganan stunting harus serius, dan dengan inovasi seperti Pos Stunting ini, kita optimis bisa mencapai target zero stunting di Kobar," tegasnya.

Layanan Pos Stunting diharapkan tidak hanya menjadi pusat perawatan, tetapi juga sebagai tempat edukasi dan sumber data bagi pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan terkait pencegahan stunting di masa mendatang.

 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut