Dinsos Kobar Tak Punya Anggaran Untuk Tangani ODGJ

Tim iNewsKobar
Ilustrasi odgj.

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Saat ini mulai banyak ditemui orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berkeliaran di jalanan Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Namun dinas terkait dalam hal ini Dinas Sosial Kobar tak bisa  berbuat banyak lantaran tak ada anggaran mengatasi ODGJ. 

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat Aldrin A Tindan mengatakan, sejatinya dinas sosial sudah mengupayakan penanganan ODGJ, tetapi terkendala  anggaran. Dinas tidak bisa membuatkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tanpa  menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

“Dana darurat ada di DPKAD, namun sudah habis untuk penanganan orang terlantar. Sementara di dinsos tidak tersedia anggaran untuk ODGJ terlantar,” ujarnya Selasa 27 Juni 2023.

Ia menyebut dinsos dilematis dalam menangani ODGJ karena belum mempunyai sarana prasarana,  kecuali rumah singgah. “Mau dievakuasi kemana ODGJ tersebut karena kita belum punya sarana untuk itu, hanya rumah singgah yang tersedia.”

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kobar Bambang Suherman mencoba akan membahasnya dengan instansi terkait jika memang diperlukan anggaran untul penanganan ODGJ di Kobar. “Kita coba nanti minta masukan dari Dinas Sosial. Jika memang diperlukan mendesak pasti akan kita anggarkan untuk penanganan ODGJ di Kobar.” 

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network