Wow, Desa Pasir Panjang Kobar Raih Juara Harapan ADWI Kemenparekraf 2023

Tim iNewsKobar
Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, telah memberikan penghargaan juara harapan kepada Desa Pasir Panjang dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 ini./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, telah memberikan penghargaan juara harapan kepada Desa Pasir Panjang dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 ini.

 

Desa Wisata Pasir Panjang  Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berhasil meraih prestasi, tidak hanya masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik saja, tetapi juga meraih juara Harapan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dalam kategori Homestay dan Toilet.

Pengumuman dan penyerahan penghargaan dilangsungkan di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada Minggu (27/8/2023) malam dan disiarkan secara live di akun Youtube Kemenparekraf.

Piala Penghargaan ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hariyanto kepada Desa Wisata Pasir Panjang.

Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin uno, Wakil Menteri Kemenparekraf/Baparekraf Angela Tanoesoedibjo, Wakil Mentri BUMN Kartika Wirjoatmodjo serta sejumlah gubernur, bupati/walikota dari berbagai daerah.  

Kepala Dinas Pariwisata Kobar Wahyudi yang berkesempatan menghadiri malam puncak ADWI 2023 menyambut gembira penghargaan yang diterima oleh Desa Wisata Pasir Panjang.

“Prestasi yang kembali diraih oleh Desa Wisata di Kabupaten Kotawaringin Barat ini agar menjadi motivasi untuk desa-desa wisata lain untuk terus mengembangkan potensi yang ada guna menarik wisatawan sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat,“ ujar Wahyudi.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat Rusdi Gozali memberikan apresiasi atas capaian yang di raih oleh desa Pasir Panjang, capaian tersebut sebagai motivasi untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan potensi desa.

"Kami menyampaikan ucapan selamat atas diraihnya juara harapan bagi Desa Pasir Panjang, atas prestasinya meraih juara Harapan kategori Homestay dan Toilet pada ADWI 2023," kata M Rusdi Gozali.

Ia menyebutkan, jika dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 ini, Desa Pasir Panjang telah berhasil menyisihkan 4.575 desa se Indonesia, dan desa Pasir Panjang masuk 75 desa terbaik di Indonesia yang memiliki keunikan dalam destinasi wisata budaya dan alam.

"Keunikan desa Pasir Panjang Sebagai desa yang mempertahankan budaya lokal hal yang sangat menarik bagi wisatawan, Desa Pasir Panjang berada di tengah jantung kota Pangkalan Bun, hingga saat ini masih mempertahankan adat budaya yang di wariskan oleh leluhur, selain itu juga desa Pasir Panjang masih mempertahankan keasrian alam yakni di jurung tiga," tuturnya.

Menurut Rusdi, sebelum desa Pasir Panjang, Desa Sekonyer pun mendapatkan penghargaan dalam ADWI pada tahun 2022, hal itu membuktikan potensi desa di Kobar ini sangat besar untuk di gali sebagai destinasi wisata, melalui pengembangan destinasi wisata desa ini tentunya akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. 

"Desa diberikan kewenangan untuk mengelola potensi desa, sehingga seluruh desa di Kobar diharapkan dapat berinovasi, sebab potensi desa selain akan mendapatkan pendapatan bagi desa juga sebagai upaya percepatan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network