Pilkades Serentak Berlangsung Aman dan Damai, Pj Bupati Kobar: Kedewasaan Berpolitik Semakin Baik

Tim iNewsKobar
Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng Budi Santosa mengatakan bahwa pelaksanaan pilkades serentak di Kobar tahun 2023 berlangsung dengan baik dan lancar./FOTO: ist

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id  -  Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng Budi Santosa mengatakan bahwa pelaksanaan pilkades serentak di Kobar tahun 2023  berlangsung dengan baik dan lancar menandakan kedewasaan berpolitik masyarakat semakin baik.

"Pilkades Serentak 2023 di Kobar ini menjadi tolok ukur kesuksesan Pemilu 2024. Kami dengan beberapa pejabat pemerintah meninjau langsung dan melihat langsung pemilihan kepala desa, Alhamdulillah sampai sekarang kabar yang kami terima kondisi kondusif," ujar Budi Santosa saat menandatangani NPHD bersama KPU dan Bawaslu.

Namun demikian, ia menginginkan agar pendidikan politik ini tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Jadi, pendidikan politik sangat penting bagi masyarakat, karena pada dasarnya masyarakat banyak yang belum tahu terkait kedewasaan saat berpolitik.

"Oleh karena itu, perlu kedewasaan masyarakat dalam ikut berpartisipasi terhadap politik.”

Ia mengimbau masyarakat agar selektif dalam memilih figur pemimpin.

Dirinya menegaskan dalam pemilihan pemimpin jangan hanya dinilai dari segi materi, namun perhatikan background yang dimiliki dari calon pemimpin tersebut.

"Pemimpin yang dipilih harus memiliki background jelas mulai pendidikan, materi, kepribadian, rekam jejak, karakter, dan punya jiwa managerial," sebutnya.

Ia melanjutkan, jangan hanya memilih pemimpin berdasarkan politik uang (money politik), sebab ada potensi dalam pemikiranya bagaimana untuk mengembalikan modal yang telah dikeluarkan ketika telah memimpin.

Ia menyimpulkan bahwa memilih pemimpin harus dilihat dari integritas yang dimiliki. Sebab, masa depan suatu daerah akan ditentukan dari pemilihan seorang pemimpin.

"Hal terpenting dalam memilih seorang pemimpin harus benar-benar dilihat dari integritas yang dia miliki.”

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network