Ribuan Warga Kobar Terdampak Banjir Akibat Air Sungai Lamandau dan Arut Meluap

Sigit Dzakwan Pamungkas
Tingginya curah hujan dalam beberapa pekan terakhir, membuat debit sungai Lamandau dan Sungai Arut di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, meluap./FOTO: dok

 

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Tingginya curah hujan dalam beberapa pekan terakhir, membuat debit sungai Lamandau dan Sungai Arut di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, meluap. Luapan membuat ratusan rumah warga terendam banjir.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, tercatat sebanyak 584 kepala keluarga (KK), atau setara 2.589 jiwa yang terdampak banjir. Ketinggian banjir bervariasi mulai dari 40 – 60 cm.

Masih dari data yang sama, ribuan warga terdampak itu berada di 2 kecamatan di Kobar, yakni Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Arut Utara. Untuk Kecamatan Arsel, meliputi Desa Kumpai Batu Atas dan Desa Tanjung Terantang.

Sedangkan untuk Kecamatan Arut Utara, terdapat 5 wilayah yang terkena dampak luapan, yaitu Kelurahan Pangkut, Desa Nanga Mua, Desa Sukarmi, Desa Gandis dan Desa Kerabu. Ketinggian banjir rata-rata du atas setengah meter.

“Kita tetap monitoring smua khusus kecamatan Arsel. Tim TRC BPBD telah standby 1 unit perahu VE untuk antisipasi apabila sewaktu-waktu debit air naik,” ujar Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kobar, Martogi Siallagan.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau wilayah yang terkena banjir agar mengungsi ke tempat yang aman guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Kita menghimbau untuk masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran, apabila debit air semakin meningkat segera mencari tmpat yang lebih tinggi atau yang lebih aman untuk menghindari jangan sampai ada korban jiwa,” tutur Martogi.

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network