Museum Heritage Cornelis Willem Menjadi Sejarah Lanud Iskandar Pangkalan Bun

Sigit Dzakwan Pamungkas
Pangkalan Udara Iskandar di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng kini memiliki daya tarik baru dengan diresmikannya Heritage Cornelis Willem./FOTO: dok

 

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Pangkalan Udara Iskandar di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng kini memiliki daya tarik baru dengan diresmikannya Heritage Cornelis Willem.

Ini adalah sebuah rumah sejarah dan museum yang didedikasikan untuk mengenang perjalanan panjang Lanud Iskandar. Bangunan lama Mako Lanud Iskandar yang sebelumnya tampak usang kini telah direnovasi dan dikembangkan untuk menjadi pusat informasi sejarah yang penting.

“Museum ini menyimpan berbagai koleksi foto dan dokumentasi bersejarah yang berkaitan dengan Lanud Iskandar, termasuk salah satu momen bersejarah yaitu operasi penerjunan pertama Republik Indonesia yang dikenal sebagai salah satu aksi heroik dalam sejarah militer Indonesia,” ujar Komandan Lanud Iskandar, Letkol Penerbang David Moningka, Kamis 5 September 2024.

Ia melanjutkan, selain itu museum ini juga menampilkan foto-foto tokoh-tokoh penting seperti Pahlawan Tjilik Riwut dan Emanuel Nuhan, serta potret para komandan Lanud Iskandar yang pernah bertugas. Heritage Cornelis Willem ini terbuka untuk pelajar dan masyarakat umum yang ingin mempelajari sejarah Lanud Iskandar. 

“Museum ini diharapkan dapat menjadi sumber edukasi dan inspirasi, terutama bagi generasi muda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah perjuangan bangsa,” ujarnya.

Museum ini masih akan terus dikembangkan agar dapat menyajikan informasi sejarah yang lebih lengkap dan menarik, menjadikan Heritage Cornelis Willem sebagai salah satu destinasi edukasi sejarah yang penting di Pangkalan Bun.

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network