KPU Kobar Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 di Lapas Klas 2B P Bun

Sigit Dzakwan Pamungkas
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan sosialisasi di Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun di hadapan warga binaan pemasyarakatan, Selasa (10/9/24)./FOTO: dok

 

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan sosialisasi di Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun di hadapan warga binaan pemasyarakatan, Selasa (10/9/24).

Kegiata ini dihadiri oleh jajaran Lapas, Kasubsi, Staf Lapas serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Kecamatan Arut Selatan. 

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi narapidana dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang.

Anggota KPU Kobar, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Isnawiyah mengatakan, materi sosialisasi berkaitan dengan tanggal pelaksanaan pemungutan suara, kemudian syarat-syarat menjadi pemilih maupun terkait tata cara memilih pada saat di TPS.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian upaya KPU untuk menyebarluaskan informasi pilkada serentak 2024 kepada warga binaan.

Ia juga menekankan pentingnya partisipasi pemilih, termasuk di kalangan narapidana, sebagai bagian dari proses demokrasi yang sehat.

"Sosialisasi ini mencakup penjelasan mengenai hak suara narapidana atau warga binaan, mekanisme pemungutan suara di lembaga pemasyarakatan, serta bagaimana mereka dapat mengakses informasi terkait calon dan partai politik," tuturnya.

Menurut Isna, PPK dan PPS dari Kecamatan Arut Selatan juga turut berperan dalam kegiatan ini, dengan memberikan penjelasan mendetail mengenai bagaimana pemungutan suara akan dilakukan di Lapas.

Mereka juga menjawab berbagai pertanyaan dari narapidana mengenai proses pemilihan dan memastikan bahwa semua peserta memahami cara berpartisipasi dengan benar.

Selain penyampaian informasi, acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab, di mana narapidana diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait pilkada serentak 2024.

KPU Kobar berharap dengan adanya sosialisasi ini, narapidana dapat lebih memahami hak dan kewajiban mereka sebagai pemilih serta berkontribusi aktif dalam Pilkada mendatang.

Dengan adanya sosialisasi ini, Isna juga berharap, akan tercipta suasana pemilihan yang inklusif dan demokratis, di mana seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berada di dalam lapas, dapat turut serta dalam proses pemilihan.

KPU Kobar berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam Pemilu demi terwujudnya pemilihan yang adil dan transparan.

Editor : Sigit Pamungkas

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network