get app
inews
Aa Read Next : Kenapa Pangkalan Bun Diberi Julukan Kota Manis, Ini Alasannya

BMKG: Lima Wilayah di Kalteng Rawan Gempa, Termasuk Kotawaringin Barat

Kamis, 30 Maret 2023 | 14:49 WIB
header img
Lima wilayah di Kalteng rawan gempa. FOTO: Dok

PALANGKA  RAYA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan ada lima wilayah di Kalteng yang rawan gempa

Kepala Stasiun Meteorologi Klimatologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya Catur Winarti melalui Prakirawan cuaca Muhammad Ihsan Sidiq menyampaikan ada lima daerah di Kalteng berpotensi rawan gempa.

Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Selatan dan terakhir Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah Kota Palangka Raya.

"Sebagai langkah antisipasi terjadinya gempa di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kami telah memasang alat - alat pendeteksi gempa di lima daerah tersebut,” ujarnya Kamis, 30 Maret 2023.

Sambungnya, berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat, pulau Kalimantan khususnya Provinsi Kalimantan Tengah merupakan daerah paling kecil potensinya terjadi gempa.

Hal ini dikarenakan, selain letak geografis, di Provinsi Kalimantan Tengah juga tidak di kelilingi oleh gunung - gunung berapi aktif, yang dapat membuat permukaan tanah bergetar hingga menyebabkan gempa.

"Untuk update data terbaru dan informasi mengenai cuaca atau deteksi dini gempa masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah bisa mengakses website Kalteng.bmkg.go.id atau pesan WhatsApp ke nomor 0821-5409-6727.” 

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut