get app
inews
Aa Read Next : Pria 41 Tahun Hilang di DAS Katingan, Petugas Gabungan Masih Proses Pencarian

Menilik Mangenta, Tradisi Unik Suku Dayak di Kalteng

Jum'at, 23 Juni 2023 | 07:20 WIB
header img
Mangenta merupakan tradisi kegiatan memasak kenta atau beras ketan. Tradisi yang berasal dari nenek moyang suku Dayak Kalimantan Tengah ini sudah menjadi tradisi turun temurun./ Foto: ist

Setelah itu, padi dibersihkan supaya agar menyisakan beras ketan. Beras ketan yang masih panas lalu dipindahkan ke wadah kayu, tempat untuk menumbuknya. Setelah selesai menumbuk hingga hancur, beras ketan dicuci dan diolah.

Pada proses ini, kenta yang sudah hancur dicampur air hangat, gula pasir, atau gula merah yang kemudian dicampur kelapa muda. Kenta pun siap disantap.

Tradisi warisan nenek moyang ini perlu dilestarikan. Salah satu upaya dalam melestarikan tradisi mangenta ini adalah dengan diadakannya lomba Mangenta. Pada tahun lalu, lomba mangenta diadakan pada Minggu, 25 Mei 2022, sebagai salah satu rangkaian kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Lomba tersebut diadakan untuk memeriahkan hari jadi ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah, yang jatuh setiap tanggal 23 Mei. Tak hanya itu melestarikan tradisi, masyarakat diharapkan dapat mengambil nilai-nilai moral dalam proses pembuatan mangenta untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut