get app
inews
Aa Read Next : Mendapat Rekom dari Partai Nasdem, Rizky Mahodenk Siap Bertarung di Pilkada Lamandau

OJK Sebut Sektor Perbankan di Kalteng Mengalami Pertumbuhan Pada 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 | 12:08 WIB
header img
Sektor perbankan di Kalteng tumbuh pesat di tahun 2023./Foto: Grafis

PALANGKA RAYA, iNewsKobar.id - Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan perkembangan sektor perbankan di Provinsi Kalimantan Tengah hingga Juni 2023 ini mengalami pertumbuhan yang tinggi.

"Pada industri Perbankan, kinerja Bank Umum baik konvensional dan syariah mengalami pertumbuhan yang tinggi, Aset Bank Umum di Provinsi Kalimantan Tengah tumbuh sebesar 14,30% yoy," kata Otto pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Dana Pihak Ketiga atau DPK, lanjutnya, meningkat sebesar 2,89% dan Kredit sebesar 14,99% dengan tingkat kredit bermasalah atau Non-Performing Loan sebesar 1,33%.

"Kredit bank umum didominasi oleh sektor Kredit Investasi yang memiliki porsi sebesar 21,47 persen dengan 5 kredit sektor ekonomi terbesar adalah Pemilikan Alat Rumah Tangga, Pertanian, Perburuan dan Kehutanan, Perdagangan Besar dan Eceran, Pemilikan Rumah Tinggal dan Industri Pengolahan," bebernya.

Sementara itu 5 kabupaten/kota penyaluran kredit terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah berada pada Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Utara. 

"Penyaluran kredit pada bank umum masih didominasi pada jenis usaha non UMKM sebanyak Rp27,95 triliun atau sebesar 65 persen dari total penyaluran kredit berdasarkan jenis usaha.”

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut