get app
inews
Aa Read Next : Pria 41 Tahun Hilang di DAS Katingan, Petugas Gabungan Masih Proses Pencarian

Kebakaran 2 Hektare Lahan di Sebangau Kalteng Nyaris Membakar ke Kabel Listrik

Senin, 25 September 2023 | 14:48 WIB
header img
Sedikitnya 2 hektare lahan terbakar dan nyaris menyambar jaringan kabel listrik di Jalan Tamuei, Kelurahan Sabaru. Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (24/09/2023) sore./FOTO: ist

 

 

PALANGKA RAYA, iNewsKobar.id - Sedikitnya 2 hektare lahan terbakar dan nyaris menyambar jaringan kabel listrik di Jalan Tamuei, Kelurahan Sabaru. Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (24/09/2023) sore. Kobaran api pun mendekati permukiman sehingga warga setempat panik.

Tim pemadam kebakaran (damkar) dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah yang datang ke lokasi langsung berupaya melakukan pemadaman agar api tidak semakin meluas. 
 
Untuk melokalisasi api, petugas harus berjibaku melakukan pemadaman di tengah kabut asap pekat yang mengganggu pandangan dan pernapasan.
 
Tak hanya kabut asap pekat, pemadaman kali ini juga terkendala akses menuju titik api yang semakin menjauh terbawa angin serta minimnya sumber air akibat musim kemarau.

"Api semakin menjauh mendekati hutan dan untuk sumber air masih menggunakan parit," Danru Damkar Dishut Provinsi Kalteng, Bagus.
 
Luasnya lahan yang terbakar memaksa petugas harus melakukan pemadaman hingga malam.
 
Pemadaman bahkan dilanjutkan secara manual menggunakan dahan pohon lantaran sulitnya mendapatkan sumber air di lokasi kebakaran yang semakin mengarah ke hutan.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut