get app
inews
Aa Read Next : Debit Air Naik Waspada Serangan Buaya, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Sungai

Pemuka Lintas Agama di Lamandau Berdoa Bersama Wujudkan Pemilu Damai

Jum'at, 03 November 2023 | 05:06 WIB
header img
Pemuka lintas agama yang ada di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba saat menggelar doa bersama di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Lamandau./FOTO: ist

 

LAMANDAU, iNewsKobar.id - Senjmlah pemuka  lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lamandau sepakat untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 bermartabat dan berintegritas serta damai.

Komitmen tersebut disampaikan perwakilan lintas agama yang ada di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu saat menggelar doa bersama di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Lamandau.

Pejabat (Pj) Bupati Lamandau, Lilis Suriani menyebut, FKUB merupakan salah satu lembaga yang sangat berpengaruh menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah. Terutama untuk meminimalisir isu-isu dan konflik agama yang dapat memicu politik identitas pada Pemilu.

Lilis menyebut, politik identitas yang mengatasnamakan agama dapat menjadi bom waktu dan hanya bisa diredam oleh pemuka-pemuka agama. Ia juga mengajak tokoh masyarakat setempat turut serta menjaga kondusifitas daerah.

“Kita menyadari dukungan seluruh stakeholder sangat penting untuk terselenggaranya Pemilu serentak 2024 yang damai dan bermartabat sebagai sarana integrasi bangsa,” ujarnya.

Menurutnya, Pemilu sebagai sarana demokrasi memiliki tujuan mencapai kesejahteraan masyarakat. Melalui Pemilu, masyarakat bisa melihat seberapa mampu seorang pemimpin untuk mengarahkan, membawa Indonesia khususnya Kabupaten Lamandau ke arah yang lebih baik.

“Pemuka agama, adalah orang-orang yang memberikan kesejukan dan vibrasi positif sehingga yakin dan optimis bahwa pemilu yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan damai,” imbuhnya. 

Sementara itu seorang ustaz, Munawir berharap dengan kehadiran dan komitmen yang kuat dari pemuka agama, kehadiran tokoh-tokoh politik, Forkopimda, dan penyelenggara Pemilu sangat diharapkan dapat menciptakan penyelenggaraan pemilu yang baik dan damai.

“Dan kita semua berharap bisa berjalan denhan lancar, stabilitas terjaga, serta berlangsung dengan umum, jujur, bebas, rahasia, tanpa tekanan apapun.”

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut