get app
inews
Aa Read Next : Debit Air Naik Waspada Serangan Buaya, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Sungai

Tingkatkan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Lamandau Gelar Layanan Jebol Adminduk

Senin, 06 November 2023 | 05:14 WIB
header img
Layanan Jebol itu dilakukan sebagai salah satu upaya mendekatkan serta mempercepat pelayanan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk)./FOTO: ist

 

LAMANDAU, iNewsKobar.id - Untuk memudahkan masyarakat memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamandau, Kalteng menggelar layanan Jebol atau jemput bola di Desa Bukit Raya, Kecamatan Menthobi Raya.

Plt Disdukcapil Kabupaten Lamandau, Kamini Anthus menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan pada Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Selain itu, pelayanan Jebol itu dilakukan sebagai salah satu upaya mendekatkan serta mempercepat pelayanan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Pelayanan Jebol Adminduk meliputi Perekaman KTP-el, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, Akta Perkawinan, Akta Kematian dan dokumen kependudukan lainnya,” terang Kamini Anthus, Senin 6 November 2023.

Kadis memaparkan, baru-baru ini pihaknya mendatangi masyarakat di Desa Nanga Matu dan Kecamatan Belantikan Raya. Selanjutnya mereka bakal ke sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Lamandau.

“Pelayanan ini dilakukan karena ada masyarakat yang tidak dapat datang langsung ke kantor Disdukcapil dengan berbagai kendala,” sebutnya.

Kadis menambahkan, untuk memaksimalkan layanan ini, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah desa dalam mendata warganya, selanjutnya pihaknya akan mendatangi langsung rumah warga yang belum melakukan perekaman.

Selain untuk tertib administrasi, pelayanan ini juga bertujuan untuk memudahkan pendataan peserta Pemilu serentak tahun 2024 mendatang dengan sasaran pemilih tetap dan pemilih pemula yang belum memiliki KTP.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut