Logo Network
Network

Bergelantungan di Pohon Durian, Seekor Orangutan di Lamandau Dievakuasi Tim BKSDA

Sigit Dzakwan Pamungkas
.
Senin, 11 Desember 2023 | 09:31 WIB
Bergelantungan di Pohon Durian, Seekor Orangutan di Lamandau Dievakuasi Tim BKSDA
Ilustrasi./Foto: Ist

 

 

 

LAMANDAU, iNewsKobar.id  - Warga Desa Bukit Harum, Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau dibuat geger dengan masuknya orangutan ke permukiman penduduk. 

Orangutan tersebut terekam video kamera bergelantungan di pohon durian dekat permukiman warga di RT 13 Desa Bukit Harum pada Minggu 10 Desember 2023.

Mengetahui keberadaan hewan yang dilindungi ini, warga tidak ada yang berani menangkapnya namun langsung melaporkannya kepada aparat setempat.

Masuknya orangutan ke pemukiman warga ini diduga karena semakin menyempitnya habitat primata dilindungi tersebut akibat pembukaan hutan untuk lahan perkebunan. 

Sehingga terpaksa mereka berani masuk ke pemukiman untuk mencari makanan.

Kaposyan Menthobi Raya, Bripka Husni Raye mengatakan, pihaknya telah berhasil mengamankan orangutan tersebut bersama tim gabungan dari BKSDA Kalteng,  OFI, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lamandau. 

“Alhamdulillah proses evakuasi berjalan dengan lancar, sudah dikirim ke pusat karantina orangutan di Pangkalan Bun,” ujar Husni.

Orangutan tersebut berada di atas pohon durian belakang rumah warga Desa Bukit Harum RT. 13, Kecamatan  Menthobi Raya. Usai mendapatkan laporan kemudian tim evakuasi dari BKSDA melakukan penembakan obat bius dan langsung mengenai orangutan.

Sambil menunggu obat bereaksi selama 15 menit,  kemudian tim evakuasi  membentangkan jaring dibawahnya. Tidak terlalu lama kemudian orangutan tersebut jatuh tepat di atas jaring. Puluhan warga yang penasaran juga terlihat menonton proses evakuasi tersebut.

“Setelah itu dokter hewan mengecek kesehatan orangutan tersebut dan melakukan menyuntikan obat sadar untuk orangutan, dan orangutan tersebut di masukan ke dalam boks besi untuk dibawa ke karantina yang berada di Desa Pasir Panjang,” tandasnya.

Editor : Sigit Pamungkas

Follow Berita iNews Kobar di Google News

Bagikan Artikel Ini